BANTAENG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappellitbangda) Sulawesi Selatan mengakui akselerasi pemulihan ekonomi Bantaeng yang bergerak begitu pesat. Bantaeng disebut salah satu daerah yang memberikan support terhadap laju pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan.

“Sebelumnya pertumbuhan ekonomi Sulsel minus akibat Pandemi Covid-19. Sekarang sudah kembali positif. Tetapi tidak mungkin Sulsel positif kalau bukan berkat kontribusi Kabupaten Bantaeng,” kata Sekretaris Bappelitbangda Sulsel, Junaedi Bakri saat membuka forum perangkat daerah yang digelar di Ruang pola Kantor Bupati Bantaeng, Selasa, 15 Maret 2022.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Lakukan Penanganan Darurat Ruas Jalan Antang

Dia mengakui pertumbuhan ekonomi di Bantaeng sangat kokoh. Di saat semua daerah terkontraksi negatif, akibat Pandemi Covid-19, Bantaeng tetap eksis tumbuh positif.

“Ini berkat peran OPD melakukan akselerasi pertumbuhan ekonomi,” jelas dia.

Dia menambahkan, pemerintah pusat telah menegaskan jika pembangunan daerah diarahkan pada tiga sasaran utama. Ketiganya adalah, pemerataan pendapatan, pemerataan kesempatan kerja dan pemerataan lapangan berusaha.

“In line ketiga tujuan pembangunan daerah dari pemerintah pusat ini sudah selaras dengan program-program unggulan Pemkab Bantaeng,” jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Junaedi juga mengatakan, pemerintah Provinsi Sulsel juga akan memberikan support terhadap program bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW yang dilakukan Pemkab Bantaeng. Dia berharap, support pemerintah provinsi Sulsel ini bisa mendorong terciptanya iklim usaha yang kondusif di Bantaeng.

“Pemprov Sulsel siap hadir memberi support bantuan modal terkait dengan bantuan dusun dan Rw. Kami berharap OPD terkait untuk segera membangun komunikasi dengan Pemprov Sulsel. Jadi supporting ini akan membantu akselerasi pemulihan ekonomi,” jelas dia.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengakui jika capaian pemulihan ekonomi ini adalah sebuah hal yang membanggakan dan sebuah kehormatan untuk Bantaeng dan Provinsi Sulawesi Selatan.