SOROWAKO – Tudingan DPRD Sulsel atas minimnya kontribusi PT Vale Indonesia Tbk sejak beroperasi pada 50 tahun lalu terhadap masyarakat sekitar dibantah. Pihak PT Vale justru mengungkapkan telah melakukan sejumlah keberpihakan atas hak baik pemerintah maupun masyarakat yang ada di wilayah ini.

Baca juga : Vale Tak Sekadar Tambang di Luwu Timur

Kerusakan lingkungan seperti yang ditudingkan kepada PT Vale di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) ini berbanding terbalik dengan yang telah dilakukannya. Pihak PT Vale telah banyak memberi manfaat kepada masyarakat selama beroperasi.

Head of Communication PT Vale Indonesia Tbk, Bayu Aji mengatakan selama beroperasi, PT Vale telah berkontribusi dalam membangun manusia. Salah satunya dengan membuka peluang kerja yang saat ini sudah sekitar 11.000 pekerja dari masyarakat lokal maupun seantero nusantara.

“Sebanyak 87 % karyawan adalah masyarakat lokal Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, tempat tambang dan pabrik perusahaan beroperasi saat ini. Juga melalui Program Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) sejak 2015, PT Vale membina dan mendampingi petani dan kelompok perempuan di area pemberdayaan untuk mampu dan aktif membudidayakan pertanian organik dan herbal,” paparnya.

PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) berbagi inspirasi profesi dengan para pelajar SMA/SMK dalam Kelas Motivasi yang berlangsung di Aula SMKN 1 Bungku Timur, Desa Kolono, Kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Tak hanya itu, Bayu menyebut PT Vale bahkan mendistribusikan listrik 10,7 megawatt untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Luwu Timur. Termasuk mengoperasikan boiler listrik yang nol emisi untuk kebutuhan pabrik pengolahan dari sebelumnya menggunakan bahan bakar fosil.

Juga selama ini aktivitas penghijauan setelah tambang usai juga dilakukan. PT Vale mengintegrasikan aktivitas penambangan dengan rehabilitasi lahan pasca tambang dengan luas total reklamasi lahan pascatambang telah mencapai 3.012,44 hektar di Blok Sorowako dengan alokasi dana tahunan rata-rata lebih dari 2 juta dollar AS.