BONE – Bupati Bone, A. Fahsar M. Padjalangi, mengunjungi enam kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) bersama Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, beserta Forum Koordinasi Pimpinan (Forkopimda) Bone.

Baca Juga : Jelang F1 2022, Horner Ingin Versteppen Tidak Kehilangan Ciri Khasnya

Kunker tersebut dalam rangka Hari Jadi Bone (HJB) ke-692, Bupati dan Wakil Bupati Bone beserta rombongan Forkopimda Bone memulai kunjungannya ke Kabupaten Bulukumba dan Bantaeng pada Selasa (15/3/2022) kemarin  .

Kunker dan silatuhrahim dengan Pemerintah Daerah Bulukumba, sekaligus ziarah ke makam Raja Bone ke IX, La Pattawe’ Matinroe ri Bettung, di Desa Dampang, Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, yang memerintah dari tahun 1565 hingga 1602.

Jelang HJB, Bupati Bone Kunker dan Ziarah Makam di Lokasi Berikut
Rombongan Bupati Bone disambut Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf

Di Bulukumba, rombongan Bupati Bone disambut Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf dan Forkopimda Bulukumba di Rumah Jabatan Bupati Bulukumba. Dalam sambutannya,  Wakil Bupati Bulukumba mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati Bone dalam rangka silaturahmi dan ziarah ke makam Raja Bone yang merupakan agenda tahunan dalam rangkaian acara memperingati HJB ke-692 tahun 2022.

“Terima Kasih atas Kunjungan Bupati Bone beserta rombongan. bagi kami, ini merupakan Kunjungan Persaudaraan antara Bone dan Bulukumba,” ucapnya.

Bupati Bone berharap persaudaraan antara Bulukumba dan Bone tetap terjaga, seperti yang tertulis dalam sejarah. Hal ini ditandai dengan makam Raja Bone di area Bulukumba.

“Jika ungkapan Buton adalah Bone rilau, dan Bone adalah Buton riaja maka saya juga mengungkapkan bahwa Bulukumba ada bone Riattang dan Bone adalah Bulukumba riawang” ujarnya.

Tidak hanya Kabupaten Bulukumba, Bupati Bone beserta rombongan juga berangkat ke Kabupaten Bantaeng untuk ziarahi makam Raja Bone ke-XI, La Tenri Ruwa Sultan Adam Matinroe Ri Bantaeng, yang terletak di Jalan Pemuda No 40, Kabupaten Bantaeng.

Rombongan yang dipimpin Bupati Bone ini disambut langsung oleh Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, bersama Forkopimda Bantaeng.

Pada kesempatan ini Bupati Bantaeng sangat mengapresiasi kunjungan rombongan Pemkab Bone dan berharap kunjungan selanjutnya tidak hanya ziarah ke makam saja tetapi juga kerjasama antara Pemkab Bantaeng dengan Pemkab Bone.

Sementara itu, Bupati Bone mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari pihak Bupati Bantaeng dan masyarakat yang antusias menyambut rombongan dari Kabupaten Bone.

“Saya berharap kami diterima tiap tahunnya sebagai saudara yang tak terpisahkan, kami bangga atas perhatian yang bapak berikan serta penyambutan yang luar biasa di Kabupaten Bantaeng ini, semoga hunbungan persaudaraan ini semakin erat seperti yang tertulis dalam sejarah Bone-Bantaeng” tutupnya.

Usai menyelesaikan ziarah ke makam, Bupati Bantaeng menjamu rombongan Bupati Bone di Rumah Jabatan Bupati sebelum melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Gowa dengan agenda yang sama yaitu ziarah ke Makam Raja Bone ke-XV, La Tenri Tatta Arung Palakka .

Pada hari kedua, Rabu (16/3/2022),  rombongan Bupati melanjutkan kunker dan ziarah ke makam di kabupaten Gowa, dan disambut langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Pada prosesi penyambutan rombongan, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyampaikan, Bone bukan tamu di Gowa, melainkan keluarga.

“Persaudaraan Bone dan Gowa tidak bisa dilepaskan dan dipisahkan. Kita menunjukkan Bone dan Gowa akan terus membangun Sulsel hingga masa yang akan datang. Bone dan Gowa adalah satu kesatuan yang terus dijaga sampai hari ini,” jelasnya.

A.Fahsar, juga secara langsung menyampaikan ke Bupati Gowa, untuk dapat menghadiri acara HJB  dan mengajak Bupati termuda Indonesia untuk berwisata ke Kabupaten Bone.

Usai kunker dan ziarah ke makam Raja Bone di Gowa, rombongan Bupati akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Pangkep dan Pinrang dalam kegiatan yang sama pada hari Kamis (17/3/2022).