RAKYAT.NEWS, Jakarta – Partai Demokrat mengisyarakatkan segera mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden. Namun mereka belum bisa memastikan itu bila satu hal belum dipenuhi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengatakan, masih menunggu terpenuhinya persyaratan presidential threshold 20 persen.

“Nah ini yang sedang kami terus dorong, tentu juga kami yakin bahwa Nasdem dan PKS akan menyegerakan itu. Karena yang paling penting adalah deklarasi setelah terpenuhi 20 persen presidetial threshold,” ucapnya saat ditemui usai acara pertemuan tim kecil koalisi di Pandopo Anies, Jalan Lebak Bulus Dalam, Jakarta pada Jumat, 27 Januari 2023, dilansir dari Tempo.co, Sabtu, 28 Januari 2023.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono juga diketahui sudah mendeklarasikan mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Deklarasi itu dimuat dalam rilis partai, pada Kamis, 26 Januari 2023.

Riefky bilang, seiring deklarasi terbuka AHY pada Capres Anies Baswedan, ia berharap pada calon mitra koalisi lainnya segera menandatangani dukungan serupa.

Seperti yang diketahui dukungan Demokrat pada Capres Anies melalui rilis tertulis, berbeda dengan Nasdem yang menyampaikan dukung pengusungan Capres Anies secara terbuka.

Namun menurut Riefky, secara teknis tak berbeda, yang paling penting intinya adalah terpenuhinya syarat Presidential Threshold 20 persen. “Kenapa hanya rilis? Nah, menurut kami deklarasi yang paling penting adalah deklarasi 20 persen TH,” ucapnya.

Sumber: Tempo.co