MAKASSAR – Kalla Group berkolaborasi dengan AWS (Amazon Web Service) menggelar Edu Project bertajuk, “Menjadi Inovator dan Start Up Kelas Dunia” sebagai bentuk keseriusan Kalla dalam mendukung masyarakat untuk terus berinovasi. Berlangsung secara Hybrid di Bikin Bikin Hub Nipah Park serta Zoom Meeting dan Youtube Channel Kalla Grup, Kamis (17/3/2022).

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Beri Pelatihan Penguatan Kapasitas dan Manajemen Sekolah

Chief Strategy and Technology Kalla, Achmad Sugiarto menjelaskan, Edu Project sebagai bentuk implementasi misi kedua Kalla dalam membantu masyarakat melalui inovasi.

“Untuk menunjang kebutuhan inovasi, kebutuhan terhadap cloud baik corporate, UKM maupun individu, atau startup, dalam waktu dekat dari data, lebih dari 90% corporate ke multicloud. Untuk itu, kita bersama AWS telah berkolaborasi menginisiasi Awan Indonesia (https://tinyurl.com/awanID) untuk masyarakat inovasi. Sebutlah saja Innovation Geeks. Hal ini menjadi bagian dari inovasi untuk dapat menjadi kelas dunia,” jelasnya.

Hal ini, sejalan dengan semakin berkembangnya bisnis startup di berbagai sektor perekonomian. Khususnya, sektor fintech, kesehatan, e-commerce, logistik, dan pendidikan yang melejit di masa pandemi tahun 2021.

Baca Juga : Founder UKM StartUp Hasanuddin Sampaikan Strategi Manajemen di PURK Pengurus 2022

Head of Territory PT Amazon Web Service Indonesia, Anthony Amni mengapresiasi Kalla yang telah berkolaborasi dengan AWS menghadirkan solusi bagi inovasi masyarakat. Ini diharapkan bisa menjadi katalisator untuk melahirkan perusahaan kelas dunia lainnya.

Menurutnya, rahasia membangun aplikasi kelas dunia ialah adanya cloud yang kebetulan dimiliki AWS walau pun dengan modal pas-pasan.

“Dengan adanya cloud, teknologi terbaik bukan lagi menjadi hak perusahaan dengan uang berlimpah, tetapi siapa pun yang memiliki ide brilliant. Melalui cloud computing, semua teknologi yang mutakhir di dunia ini, ada server, database, analytics bisa diakses lewat internet dari belahan dunia manapun. Di Awan Indonesia, anda bisa mengakses semuanya dengan harga yang sangat terjangkau. Kami ingin membuat kegagalan menjadi murah. Karena kalau kegagalan murah, tidak ada lagi yang takut berinovasi,” ujarnya.