MAKASSAR – Setelah sebelumnya Electrum, perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama (TBS), bersinergi dengan Pertamina, Gogoro, dan Gesits, sukses meluncurkan uji coba komersial motor listrik di Jakarta dengan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, hari ini Gojek dan Santomo meluncurkan uji coba komersial 20 motor listrik di Kota Makassar. Kolaborasi ini bertujuan untuk mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang terintegrasi pertama di Indonesia Timur.

Percepatan ini juga sejalan dengan komitmen “Zero Emissions” (Nol Emisi Karbon) Gojek, yaitu menjadi platform yang netral karbon dan mentrasisi armada bertenaga listrik (EV) secara penuh pada tahun 2030. Inisiatif ini juga sejalan dengan isu prioritas yang dibawa Pemerintah Indonesia dalam G20 Summit, salah satunya transisi energi yang berkelanjutan, termasuk percepatan pengembangan ekosistem EV.

Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan ke-12, Muhammad Jusuf Kalla yang sempat mencoba ekosistem EV pertama di Makassar dan Indonesia Timur ini mengapresiasi kolaborasi Gojek dan Santomo dalam menghadirkan solusi gaya hidup eco-friendly di Kota Makassar,

Baca Juga : Dukung Makassar Recover, Gojek Indonesia Beri Bantuan 15 Unit Oksigen Konsentrator 

“Saya merasa gembira melihat upaya Santomo dan Gojek bekerja bersama-sama untuk memperkenalkan motor listrik di wilayah Indonesia Timur. Upaya ini merupakan suatu kewajiban karena dunia ini apabila tidak dijaga maka akan penuh dengan emisi. Karena itulah, mudah-mudahan upaya Santomo dan Gojek ini dapat berhasil dan menuju arah yang lebih baik untuk kepentingan dunia,” ujar pak JK sapaanya.

Peluncuran uji coba dan kolaborasi ini juga turut dihadiri oleh Walikota Makassar Ir. Mohammad Ramdhan Pomanto beserta jajarannya. Dalam peluncuran yang berlangsung di Nipah Mall Makassar tersebut, secara khusus Walikota Makassar mencoba penukaran baterai motor listrik yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.