KEPULAUAN SELAYAR – Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH. menyambut dengan senang hati kedatangan Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Antam Novambar bersama rombongan ke Kabupaten Kepulauan Selayar.

Wabup merasa tersanjung dengan kehadiran Sekjen bersama Dirjen KKP dan rombongan atas kehadirannya melakukan kampanye dan edukasi penanggulangan destructive fishing (DF) di Kabupaten Kepulauan Selayar, tepatnya di Desa Tarupa Kecamatan Takabonerate.

Hal ini disampaikan Wabup Saiful Arif dalam penyambutannya di lokasi pelaksanaan Kampanye penanggulangan destructive fishing di Lapangan Desa Tarupa, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga : Wabup Selayar Serahkan SK pada 82 CPNS Secara Simbolis

“Kami makin yakin bahwa Selayar adalah bagian dari Indonesia. Selayar tidak bisa berdiri sendiri, dia adalah bagian dari Suulawesi Selatan, tanpa Selayar Sulsel tidak lengkap, tanpa Selayar Indonesia tidak cukup,” ucap Saiful Arif

Melalui momen tersebut wakil Bupati menyampaikan sejumlah aspirasi dan harapan kepada Sekjen KKP terkait dengan tiga pilar pembangunan yang tengah diusung oleh pemerintah daerah, diantaranya program Kawasan Industri Perikanan Terpadu (KIPT).

Berharap kedatangan Sekjen KKP bersama rombongan bisa membantu agar nelayan-nelayan di kabupaten Kepulauan Selayar tidak hanya melakukan penangkapan ikan yang kemudian langsung dijual. Tetapi sebelum dijual ada pengelohan terlebih dahulu sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan karena ada nilai tambah.

“Tantangan terbesar dan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan adalah bagaimana pemerintah, baik pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat adalah menciptakan suasana kondusif berinvestasi serta membuat regulasi dan menciptakan pengelolaan yang berpihak pada nelayan kecil, pemberdaya ikan, dan pelaku perikanan lainnya dalam berusaha,” jelas Wabup.

Terkait dengan hal tersebut, Wabup bermohon bantuan dari Sekjen bersama Dirjen KKP bisa mendorong perjuangan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, yaitu status kelembagaan TNI AL masih Danpos. Sementara Pemkab Selayar telah menyerahkan hibah 10 hektar tanah sebagai prasyarat untuk membangun perkantoran TNI AL.