TAKALAR – KPU Takalar berkunjung ke desa dan kelurahan yang tersebar di 10 kecamatan untuk berkoordinasi dengan aparat desa terkait dengan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan untuk persiapan pemilu 2024. Dalam kunjungan tersebut KPU berkoordinasi terkait dengan sistem pencatatan kependudukan yang ada di desa/kelurahan.

“Kita membutuhkan data pemilih yang telah meninggal dunia, pindah domisili atau pemilih baru yang telah berusia 17 tahun ke atas untuk perbaikan data pemilih kita yang setiap bulan, kita tetapkan perubahaannya, alhamdulillah pihak aparat desa dan kelurahan menyambut kami dengan sangat baik,” ujar Komisioner KPU Takalar Divisi Data dan Program, Basrinuddin, Jumat 18 Juni 2021.

Untuk mengunjungi semua desa dan kelurahan itu, lima komisioner dengan masing -masing didampingi oleh sekretaris KPU, para kasubag serta staf berbagi tugas sehingga bisa menyasar semua wilayah Takalar. Divisi Sosialisasi dan Humas, Alimuddin dan Sekretaris KPU Usman Saleh bertugas di kecamatan Pattalassangdan Polombangkeng Selatan. Divisi Teknis, Bakhrawi Zakaria dan Plt Kasubag Data & Program Rudianto Rizal di Galesong dan Mappakasunggu.

Divisi Hukum Muh Nur Arfah dan Kasubag Hukum H.Samsul Bahri di Galesong Selatan dan Sanrobone. Ketua KPU Muh Darwis dan Kasubag KUL Ridwan di Galut dan kepulauan Tanakeke. Sedangkan Basrinuddin bersama Kasubag Teknis & Humas Ashari di Polombangkeng Utara dan Mangarabombang.

“Jadi masing satu komisioner dibantu staf bertanggung jawab di dua kecamatan karena ini menjangkau semua wilayah di Takalar,” kata Basrinuddin yang akrab disapa Pak Uztad itu.

Agar koordinasi terus berjalan, KPU Takalar membentuk operator desa di masing- masing desa/kelurahan yang diambil dari staf desa atau mantan penyelenggara pemilu. Operator ini yang secara intens berkomunikasi mengirimkan data terbaru kepada admin di KPU Takalar untuk diimput kedalam daftar pemilih.