LUWU UTARA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) terus melakukan upaya untuk mempercepat penurunan stunting pada daerah berjuluk Bumi La Maranginang tersebut.

Baca Juga : ICJ Makassar Gelar Seminar Nasional, Tekan Perkawinan Anak di Sulsel

Salah satunya dengan menggelar kegiatan pelaksanaan aksi dua, berupa penyusunan rencana percepatan kegiatan pengurangan stunting, baru-baru ini, di Aula Hotel Bukit Indah, Masamba.

Kepala Bappelitbangda melalui Kabid PPM, Basrun, mengatakan penyusunan rencana aksi dua ini merupakan tindak lanjut dari hasil rekomendasi analisis situasi pada kegiatan aksi satu.

“Rencana kegiatan aksi 2 ini berisikan program dan kegiatan Perangkat Daerah untuk meningkatkan cakupan layanan intervensi,” katanya, Senin (28/3/2022).

Menurut Basrun, kegiatan aksi dua ini juga bertujuan untuk memperkuat integrasi intervensi di tingkat kabupaten sampai desa pada tahun berjalan dan kegiatan yang direncanakan satu tahun mendatang.

“Nah, selanjutnya kegiatan aksi 2 ini akan diintegrasikan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Kerja (Renja)  Perangkat Daerah,” ucapnya.

Dijelaskannya, tujuan digelarnya kegiatan aksi dua adalah untuk menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi yang diperoleh dari analisis situasi di beberapa kegiatan.

Kegiatan yang ditargetkan antara lain, kegiatan Perangkat Daerah untuk meningkatkan cakupan intervensi gizi pada rumah tangga 1000 HPK.

Mencakup kegiatan Perangkat Daerah untuk meningkatkan konvergensi gizi terintegrasi, berupa kegiatan yang dilaksanakan tahun berjalan dan atau satu tahun ke depan, baik dengan anggaran maupun tanpa anggaran.

“Tujuan lainnya yang tak kalah penting adalah dalam rangka memberikan acuan untuk pengintegrasian ke dalam dokumen perencanaan dan penganggaran Perangkat Daerah, khususnya RKPD dan Rencana Kerja Perangkat Daerah,” jelasnya.

Program/kegiatan percepatan penurunan stunting terintegrasi untuk tahun berjalan dan atau satu tahun anggaran berikutnya disusun oleh tim penyusun yang terdiri dari beberapa Perangkat daerah, yang dipimpin oleh Bappelitbangda.

Perangkat daerah yang terlibat dalam penyusunan rencana kegiatan percepatan penurunan stunting di Luwu Utara adalah Bappelitbangda, Kemenag, Dinas Kesehatan, DP3AP2KB, Dinas Sosial, DPKP, Dinas PMD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta DPUTRPKP2

Adapun narasumber penyusunan kegiatan aksi 2 percepatan penurunan stunting di Kabupaten Luwu Utara adalah Tim Ahli Planning and Budgeting, INEY Region V,  Bina Bangda Kementrian Dalam Negeri; Bappelitbangda Luwu Utara; serta Dinas Kesehatan Luwu Utara.