SEMARANG – Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menjadi salah satu pembicara dalam ajang Healthy Cities Summit 2022, di Semarang, 28 Maret 2022. Dalam kesempatan itu, Bupati bergelar doktor pemerintahan ini memaparkan tentang rahasia Pemkab Bantaeng yang bisa mencapai laju pertumbuhan ekonomi terbaik di Sulawesi Selatan sebesar 8,86 persen.

Dia mengatakan, pemulihan ekonomi Bantaeng dapat tumbuh dengan pesat berkat dukungan semua pihak. Pemerintah memberikan support dan dukungan untuk pemulihan itu. Mulai dari struktur perkantoran yang sehat dan kondisi kenyamanan investasi.

“Kami menawarkan dua hal untuk investor. Pertama keramahan investasi dan keramahan lingkungan,” jelas dia.

Dia menambahkan, pemerintah Kabupaten Bantaeng saat ini mulai mengembangkan Kawasan Industri Bantaeng (KIBA) dengan konsep Green Industri. Saati ini, konsep green industri itu sudah mulai dilakukan. “Kami memperkenalkan konsep Green Industri di Kawasan kami. Ini ternyata meningkatkan pertumbuhan ivestasi di daerah ini. Melalui KIBA sudah ada beberapa investor yang berdatangan di Bantaeng,” jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Ilham Azikin juga memperkenalkan tiga program unggulan Pemkab Bantaeng. Mulai dari bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW, program gratis perlengkapan sekolah setiap tahun ajaran baru serta asuransi pertanian dan peternakan.

“Program-program ini adalah yang menopang pertumbuhan ekonomi kita, terutama di sektor pertanian dan industri pengolahan untuk usaha kecil dan menengah,” jelas dia.

Ilham Azikin sebagai pembicara dalam ajang itu bersama dengan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan Ketua Forum Kota Sehat Semarang, Krisseptiana Hendar Prihadi. Dalam kesempatan itu, sejumlah pihak memberikan apresiasi terhadap program-program unggulan Pemkab Bantaeng.

“Bantaeng ini hebat, pemulihannya bisa secepat ini dalam setahun. Ini perlu kita belajar ke Bantaeng,” ungkap salah satu peserta, Taufiq yang merupakan perwakilan dari Pemkab Ponorogo.