MAROS – Dalam upaya peningkatan keterampilan dan pengetahuan para Kepala Satuan PAUD, Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Pengawas dan Penilik PAUD dalam hal pengelolaan Dana Bantuan  Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maros mengadakan kegiatan “Workshop Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan BOP Kesetaraan” di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (07/03/2022).

Workshop ini digelar selama 2 hari mulai Tanggal 07 hingga 08 Maret 2022 dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis Buku Petunjuk Teknis BOP PAUD dan BOP Kesetaraan kepada Ketua PKG dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Maros.

Workshop ini dibuka oleh Bupati Maros HAS Chaidir Syam didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maros H Husair, dan turut pula dihadiri Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Inspektorat dan perwakilan dari Kejari Kabupaten Maros.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan: workshop ini dilaksanakan untuk memaksimalkan pengelolaan dana  BOP kepada seluruh PAUD  dan para Penilik PAUD baik dari aspek kuantitasnya mau pun sasarannya, agar penggunaan dana yang telah didistribusikan dapat lebih tepat guna dan tepat sasaran.

Bupati juga mengimbau agar pengelolaan dana BOP PAUD harus mengacu pada peraturan yang berlaku, jika masih didapati hal yang masih samar terkait pengelolaannya,maka hal itu dapat dikonsultasikan ke Inspektorat Daerah atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maros selaku institusi teknis yang menaunginya.

“Dalam penggunaan Dana BOP PAUD, tidak boleh keluar dari koridor aturan yang telah ditetapkan, harus tepat waktu, transparan dan akuntabel, agar tidak bermasalah dengan hukum ke depannya”.

Program ini adalah untuk membantu penyediaan pendanaan operasional non-personalia bagi Satuan PAUD dan Satuan Pendidikan Non-Formal. Beliau berharap kegiatan ini dapat mengoptimalkan kualitas perkembangan potensi Anak Pada Usia 1000 hari pertama serta diharapkan juga dapat meningkatan kualitas proses belajar mengajar di level PAUD.