JAMBI – Pedagang kaki lima di wilayah Jambi kini tak perlu bingung lagi untuk mendapatkan akses listrik untuk berjualan. PT PLN (Persero) menyediakan 10 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) Mobile di Pedestrian Taman Jomblo Kota Jambi. Satu unit SPLU Mobile tersebut bisa digunakan oleh 10 pedagang secara bersamaan.

“Melalui program ini juga sebagai pengganti sumber listrik peralatan berbahan bakar diesel dan genset yang digunakan oleh para pedagang di Pedestrian Taman Jomblo Kota Jambi,” ujar Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Jambi Hanfi Andrean Abidin.

Baca Juga: Pasokan Listrik Andal dan Efisien, PT Semen Tonasa Tingkatkan Kerja Sama dengan PLN

Sebelumnya, para pedagang menggunakan mesin diesel atau genset sebagai sumber listrik, kini tak perlu repot lagi menyalakan dan mematikan mesinnya. Cukup dengan membeli pulsa/token SPLU Mobile, para pedagang kaki lima sudah dapat menikmati listrik untuk aktivitas dagangnya.

Selain itu, pedagang kaki lima bisa lebih hemat. Penggunaan genset yang memakan biaya Rp 7.500,- sampai Rp 15.000,- per hari kini hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 2.000,- per hari dengan sumber listrik dari SPLU Mobile.

Baca Juga : PLN Tambah Anjungan Listrik Mandiri di Ternate

“Penggunaan SPLU Mobile relatif lebih ringkas, ramah lingkungan, tidak bising, dan hemat,” ujar Hanfi.

Chandra Kirana, salah satu pedagang mengungkapkan ia merasa sangat terbantu semenjak adanya SPLU Mobile, karena pengeluaran untuk membeli bahan bakar minyak bisa berkurang. Ia menjelaskan dalam satu malam para pedagang perlu mengalokasikan Rp 15.000,- per hari untuk genset.

“Sekarang setelah memakai SPLU Mobile kami hanya mengeluarkan Rp 10 ribu satu orangnya untuk pemakaian bisa mencapai dua minggu. Biasanya kami sepuluh orang patungan Rp 10 ribu untuk beli token Rp 100.000,” ungkap Candra.