MAKASSAR – Pemerintah mengumumkan akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada masyarakat pada April 2022. Untuk mengecek penerima bansos BLT minyak goreng, Anda bisa mengakses website Cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Antri Minyak Goreng Telan Korban Ibu 5 Anak di Berau

Minyak goreng BLT 2022 akan disalurkan kepada keluarga penerima Bantuan Sosial Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan gorengan.

Target penerima minyak goreng BLT sebanyak 23 juta orang. Secara spesifik, 20,5 juta rumah tangga terdaftar dalam Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta pedagang kaki lima yang menjual gorengan.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan minyak goreng BLT dibagikan kepada masyarakat mengingat tingginya harga bahan pangan tersebut.

“Kita tahu bahwa kenaikan harga minyak sawit di pasar internasional berdampak pada kenaikan harga minyak goreng yang cukup tajam,” katanya. Untuk mengurangi beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng,” kata Presiden jokoWI seperti dikutip situs Sekretariat Kabinet.

Baca Juga: Menko Airlangga Hartanto Minta Mafia Minyak Goreng Segera Ditangkap

Selain itu, Presiden Jokowi mengumumkan subsidi minyak goreng BLT sebesar Rp. 100.000 akan diberikan. Bantuan sosial BLT minyak goreng diberikan selama tiga bulan sekaligus, yaitu pada bulan April, Mei dan Juni dan pada bulan April 2022 Rp 300 ribu dibayarkan di muka.

“Saya mendesak Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial dan TNI serta Polri untuk berkoordinasi agar penyaluran bantuan ini dapat terlaksana dengan lancar dan lancar,” ujarnya.

Cara cek penerima bantuan sosial minyak goreng BLT

Menurut Presiden Jokowi, minyak goreng BLT diberikan kepada keluarga penerima bantuan sosial dari BPNT, PKH dan PKL. Untuk mengetahui apakah Anda penerima Bantuan Sosial BPNT atau Bantuan Kartu Sembako, ada baiknya Anda mengecek 3 sumber langsung yang potensial.