MAKASSAR – Cara Anda makan dan pilihan jajanan saat sahur berdampak besar pada kemampuan seseorang untuk berpuasa selama bulan Ramadhan. Puasa tanpa disadari, dirasakan dalam waktu yang sangat lama akibat serangan rasa lapar dan haus yang terus menerus.

Baca Juga : Ketua DPD RI Minta Luhut Hentikan Wacana Penundaan Pemilu 2024
1. Konsumsi makanan Tinggi Protein dan Serat

Kutipan Los Angeles Times, Ahli Diet dan Pendiri Sanctuary Kitchen, Sumiya Khan mengatakan salah satu makanan sahur yang dapat membantu umat Islam berpuasa adalah makanan tinggi protein dan tinggi serat. Hal ini karena, makanan tinggi protein dan serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan diserap tubuh.

“Makan pagi yang tingi protein akan sangat bermanfaat. Contohnya adalah telur, yogurt, kacang-kacangan, lentil, ikan, dan ayam,”  katanya, Minggu (3/4/2022).

2. Konsumsi Makanan yang Berkabohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti gandum, oatmeal dan tortilla juga bisa menjadi pilihan yang baik di saat sahur.  Kemudian, alpukat dan biji-bijian akan membantu Anda merasa lebih kenyang setiap hari saat berpuasa.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Para ahli juga menyarankan orang yang berpuasa untuk makan buah dan sayuran berserat tinggi untuk menjaga hidrasi tubuh.  Maka disarankan untuk mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, seperti nasi di kala sahur.

“Makanan tinggi karbohidrat seperti nasi merah membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, dan ini membantu untuk menjaga  energi lebih lama dibanding kondisi normal,” tulis Health Xchange.

4. Makan tanpa Terburu-buru

Saat sahur, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tanpa terburu-buru, agar perut dan otak punya waktu lebih banyak untuk memproses dan menyerap nutrisi di dalamnya.