MAKASSAR – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Ina Kartika Sari menjadi pembicara dihadapan para peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) PPRA LXIII Tahun 2022 Lemhanas RI. Berlangsung di Ruang rapat paripurna DPRD Sulsel, senin (4/4/2022).

Baca juga : Komisi C DPRD Sulawesi Selatan Bahas Kinerja PT Vale

Andi Ina Kartika Sari menyampaikan dihadapan para peserta, bahwa DPRD Provinsi Sulsel memiliki layanan penyampaian aspirasi masyarakat lewat online.

“Kami juga memiliki aplikasi Elektronik untuk penyampaian aspirasi masyarakat lewat online, ini tertuang dalam SK DPRD Sulsel dan hal ini juga untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya ke DPRD,” katanya.

Lebih lanjut politikus perempuan dari praksi golkar ini mengatakan, mengingat masih banyaknya peraturan daerah yang bermasalah, DPRD Sulawesi Selatan telah menginisiasi kegiatan tudang sipulung dan silaturrahmi dengan tema ‘Harmonisasi dan singkronisasi pembentukan peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan’ dengan mengundang Bapemperda DPRD dan Bagian hukum Setda Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan.

“Ini kegiatan yang baru pertamakalinya kami lakukan di DPRD Provinsi Sulawesi Selatan,” ungkap politisi perempuan ini dihadapan para peserta SSDN PPRA LXIII Lemhanas RI tahun 2022.

Sebelumnya, Andi Ina menyampaikan gambaran umum terkait DPRD Sulsel dan memperkenalkan AKD yang ada di DPRD Sulsel.

“Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan hasil pemilihan legislatif 2019 sebanyak 85 kursi yang terdiri dari partai golkar sebanyak 13 kursi, Partai Nasdem 12 kursi, Gerindra 11 kursi, Demokrat 10 kursi, PKS 8 kursi, PDIP 8 kursi, PKB 8 kursi PAN 7 kursi, PPP 6 kursi, dan Perindo 1 kursi, serta Hanura 1 kursi yang tergabung dalam praksi PPP,” ucapnya. Kedua, alat kelengkapan dewan Provinsi Sulawesi Selatan terdiri dari pimpinan, Badan Musyawarah, Badan pembentukan peraturan daerah atau Bapenperda, Badan Anggaran, Badan Kehormatan serta Komisi-komisi. Pimpinan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, selaku Ketua yakni saya sendiri Andi Ina Kartika Sari, Wakil ketua satu Syahruddin Alrif dari partai Nasdem, Wakil ketua dua Darmawansa Muin dari partai Gerindra, Wakil ketua tiga dari praksi partai demokrat Ni’matullah dan terakhir Wakil ketua empat Muzayyin Arif dari partai keadilan sejahtera,” jelasnya.

Baca Juga: Soal Minyak Goreng, Ketua Komisi B DPRD Sulsel Tekankan Pengawasan

Tambahnya, ada 5 Komisi yang ada di DPRD Sulsel dan yang menggunakan huruf abjad yakni Komisi A membidani Pemerintahan, Komis B Ekonomi, Komisi C Keuangan, Komisi D Pembangunan, komisi E bidang kesejahteraan rakyat.