SOROWAKO – Pasar Ramadan yang digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Magani Park, Kelurahan Magani, Kecamatan Nuha, Sorowako, membawa berkah bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Pasar tersebut memanfaatkan taman rekreasi dan sarana pengembangan ekonomi yang dibangun oleh PT Vale melalui program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) pada tahun 2020-2021.

Pasar ramadan yang dibuka sejak 3 April 2022 ini atas kerjasama Pemerintah Kelurahan Magani, Bumdesma Anatowa Otolu, Bank Mandiri, Sahabat Hidayah Sorowako (SHS), serta Search And Rescue (SAR).

Baca juga Bukan Hanya Dari Sisi Keuangan, PT Vale Juga Buka Pekerjaan Pada Masyarakat

Meski baru diresmikan pada Februari 2022, lahan tersebut sudah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Sorowako. Salah satunya dirasakan pelaku UMKM yang ikut membuka stand mereka di area pasar ramadhan, dengan menjajakan aneka kuliner untuk kebutuhan takjil selama berpuasa.

Menurut Pedagang Kuliner Jajanan Nusantara , Najmiah, hadirnya pasar ramadan membawa berkah luar biasa bagi usahanya, karena trend penjualannya terus meningkat. Bahkan, jika dipersentasekan bisa mencapai 50% sejak hadir di pasar tersebut.

“Dibanding bulan ramadan sebelumnya alhamdulillah penghasilan saya selama beberapa hari ini lumayan meningkat hingga mencapai 50 persen. Jika sebelumnya mendapatkan keuntungan sebesar Rp150 ribu sampai Rp200 ribu, alhamdulillah dengan menjual di sini bisa sampai Rp300 ribu, bahkan lebih,” ungkap Najmiah, Selasa (5/4/2022).

Menurutnya, lokasi event tahunan ini sangat strategis, sehingga mudah untuk mendatangkan pengunjung atau pembeli.

“Karena dari segi lokasi sangat strategis, dekat terminal & di sampingnya ada ATM sehingga sangat memudahkan pembeli untuk belanja, tinggal menarik uang di bank. Adapun dari segi parkiran juga luas sehingga bisa mengurangi kemacetan,” jelas Najmiah.