JAKARTA – Pendaftaran UTBK SBMPTN dibuka 23 Maret. Berdasarkan situs resmi LTMPT, pelaksanaan UTBK SBMPTN akan dibagi menjadi dua gelombang. UTBK Gelombang I akan dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022 dan UTBK Gelombang II pada 28 Juni hingga 03 Juni 2022.

Baca Juga : KPPN Bantaeng Salurkan Dana BOS, Dana BOP Paud dan Pendidikan Kesetaraan 51,43 Miliar untuk 1.748 Satuan Pendidikan

Peserta masih punya waktu untuk mempersiapkan diri sebelum UTBK SBMPTN 2022.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 merupakan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mewujudkan impiannya kuliah di Universitas Negeri Indonesia (PTN).

Oleh karena itu, calon mahasiswa harus benar-benar dipersiapkan untuk mengikuti UTBK SBMPTN ini. Karena calon mahasiswa nantinya harus bersaing dengan mahasiswa seluruh Indonesia.

Sebagai persiapan mahasiswa untuk mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022, calon mahasiswa bisa melakukan tips berikut ini.

1. Jaga kesehatan

Menjaga kesehatan yang baik sangat penting baik secara fisik maupun mental.  Apalagi dalam situasi wabah saat ini.  Silakan minum vitamin, cukup tidur, makan makanan sehat dan bergizi, dan calon siswa bisa berolahraga.

2. Dapatkan informasi lengkap tentang UTBK SBMPTN 2022

Perhatikan dokumen apa saja yang diperlukan untuk pendaftaran dan saat ujian. Jangan lupa untuk menjamin hal-hal teknis yang agak rinci seperti ini.

3. Fokus pada jurusan dan PTN yang diinginkan

Calon mahasiswa harus mampu memetakan persaingan di jurusan yang dituju maupun di kampus. Untuk itu, mereka perlu mencari tahu semua tentang jurusan dan PTN yang mereka bidik.

Ada beberapa hal yang perlu dicek, antara lain nilai rata-rata kelulusan SBMPTN pada tahun sebelumnya, berapa kuota siswa baru, berapa pendaftar yang diterima, dan berapa yang diterima.