JAKARTA – Menjalani bulan ramadan denhan menu sahur praktis membutuhkan kreativitas. Salah satunya, mengetahui resep ayam saus teriyaki.

Berikut resep ayam teriyaki dengan cara praktis….

1. Bahan yang dibutuhkan

Bahan ayam saus teriyaki:

250 gram ayam filet

1 buah bawang bombay, iris panjang

3 siung bawang putih, cincang halus

1 batang daun bawang, potong sekitar kurang lebih 1 cm

300ml air

1 sdm tepung maizena

garam secukupnya

merica bubuk secukupnya

penyedap rasa secukupnya

minyak atau margarin secukupnya

Bahan bumbu marinasi:

3 sdm saus teriyaki instan

3 sdm kecap asin

1 sdm saus tiram

1 sdt merica bubuk

2. Siapkan ayam untuk dimarinasi terlebih dahulu

Dilansir dari idntimes, potong-potong daging ayam menjadi bagian kecil, lalu masukkan ke dalam wadah dan tambahkan bumbu marinasi seperti saus teriyaki, kecap asin, saus tiram dan merica bubuk.

Baca Juga : Kunjungan Wali Kota Palu, Danny Perkenalkan Kuliner Makassar

Campur hingga seluruh daging ayam terlumuri dengan bumbu marinasi. Simpan di dalam kulkas.

3. Tumis bumbu bersama daging ayam

Anda bisa menumis menggunakan margarin hingga panas, lalu masukkan bawang putih cincang. Tunggu hingga harum dan bawang putih berubah warna menjadi sedikit kecokelatan.

Selanjutnya, masukkan ayam beserta bumbu marinasinya. Upayakan ayam yang sudah dimarinasi didiamkan dulu di dalam suhu ruang hingga dinginnya menghilang baru kamu olah. Aduk keduanya hingga tercampur rata.

4. Masukkan air dan juga bawang bombay

Tambahkan air secukupnya. Jangan terlalu banyak atau bahkan membuat ayam terendam. Cukup sampai sekiranya air tersebut membantu proses pematangan ayam teriyaki. Jadi, kamu bisa mengira-ira sendiri seberapa banyaknya.

Beri bumbu seperti garam, penyedap rasa, dan merica bubuk. Masukkan potongan bawang bombay. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan tekstur renyah bawang bombay ketika akan dimakan nanti bersama ayam saus teriyaki.

5. Buat larutan maizena dan tunggu sampai ayam saus teriyaki matang

Dalam sebuah wadah, larutkan maizena dengan air. Aduk hingga rata dan tak ada tepung maizena yang menggumpal. Tuang larutan tersebut ke dalam wajan yang berisi ayam saus teriyaki. Tak lupa tambahkan potongan daun bawang. Tunggu sampai saus mulai mengental dan daun bawang mulai layu.

Setelah itu, matikan api, angkat dan sajikan ayam saus teriyaki. Supaya makin nikmat, kamu bisa memberi taburan wijen putih. Ayam saus teriyaki nikmat banget bila disantap bersama nasi putih hangat, lho. Ayam saus teriyaki sudah jadi, deh!

Semoga resep menu sahur ini bermanfaat.