MAKASSAR – Satuan Batalyon A Pelopor Satuan Brigade Mobil (Satbrimob), Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan, menggelar apel siaga kontijensi, yang berlokasi di Lapangan Apel Mako Batalyon A, Jalan Sultan Alauddin No.75, Kota Makassar, Jumat (8/4/2022).

Baca Juga : Safari Ramadhan, Camat Makassar Imbau Jamaah Vaksin Lengkap

Prosesi Apel tersebut dipimpin oleh Komandan Batalyon A Pelopor, Kompol Sapari, dan diikuti oleh sejumlah pejabat utama dan seluruh personil Batalyon A Pelopor yang disiagakan untuk antisipasi gejolak keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Makassar.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan peresmian seluruh kendaraan dinas baik roda 2, roda 4 dan roda 6 serta kendaraan taktis Brimob, termasuk peralatan PHH serta pasukan Respon Cepat oleh Kapolda Sulsel, Irjen Nana Sudjana.

Komandan Batalyon A Pelopor, Kompol Sapari, menyampaikan kegiatan Apel tersebut bertujuan untuk pengecekan kesiapan mulai dari personel, peralatan, dan akomodasi milik Batalyon A Pelopor.

“Apel Kesiapsiagaan Kontijensi ini guna mengecek kesiapan dan kesigapan baik personel, peralatan dan kendaraan yang dimiliki Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel ketika ada tugas back up Satuan Kewilayahan,” ucapnya.

Lanjutnya, Ia juga menyiapkan personil untuk menjaga Kamtibmas di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, terkhusus di Kota Makassar.

“Kami juga mensiagakan personil pada hari ini untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas diwilayah Provinsi Sulsel khususnya di Kota Makassar jika terjadi suatu peristiwa personil siap di gerakan jika dibutuhkan untuk membantu satuanan kewilayahan”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Kamtibmas yang kondusif merupakan tanggung jawab yang wajib dilaksanakan dan juga mengajak masyarakat untuk melakukan hal yang sama.

“Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu tanggung jawab kita yang wajib kita laksanakan, terus laksanakan kegiatan preventif dan ajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kamtibmas yang kondusif,” tuturnya.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Apel Kesiapan Tugas Sambut Ramadhan