MAKASSAR – Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulawesi Selatan menggelar kegiatan bakti sosial donor darah di Kompleks Pura Giri Natha Makassar, Minggu (10/4).

Baca juga : NIPAH Park Gelar Donor Darah Jelang HUT ke-4

Kegiatan donor darah ini merupakan peran pemuda dan warga Hindu untuk menjaga persediaan darah jelang lebaran.

Sebab tidak dapat dipungkiri kegiatan donor darah berkurang dibulan puasa karena sebagian besar umat Muslim sedang menjalankan ibadah puasa.

“Kegiatan ini merupakan implementasi MoU atau kerjasama antara DPP Peradah Sulsel dengan PMI Kota Makassar yang telah kami lakukan pada bulan Februari kemarin, dan sebagai wujud bakti Pemuda Hindu Sulsel khususnya kota Makassar untuk ikut memberikan kehidupan kepada warga lain yang membutuhkan,” ungkap Putu Nopa Gunawan Ketua DPP Peradah Indonesia Sulawesi Selatan.

MoU yang dimaksud oleh Nopa (sapaan akrab Ketua DPP Peradah Sulsel) adalah kerjasama antara Peradah Sulawesi Selatan dengan Palang Merah Indonesia Kota Makassar dalam kegiatan sosial khususnya donor darah. Dengan MoU tersebut keterlibatan pemuda Hindu Sulsel dalam akan lebih intens dalam kegiatan sosial.

“Jadi kami sudah dua tahun absen melaksanakan kegiatan donor darah di Pura karena situasi pandemi, akhirnya hari ini dapat kita laksanakan lagi dengan berkolaborasi bersama Panitia perayaan hari raya Nyepi dan Dharma Santi Kota Makassar tahun baru Saka 1944, serta lembaga keumatan yang ada di kota Makassar, ada PHDI, Banjar, WHDI, Prajaniti, KMHDI, HIPMAHAT,” tuturnya.

“Semoga bisa berkesinambungan setiap bulan kami adakan kegiatan donor darah ini,”  sambungnya.

Ada berbagai doorprize menarik yang dibagikan oleh panitia kepada pendonor salah satunya minyak goreng yang menjadi barang kebutuhan yang sulit didapatkan saat ini, sehingga sebanyak 67 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam kegiatan donor darah ini.