Jakarta – Komando Kawasan Tani Pemuda Tani Indonesia (KKT-PTI) bangun kerjasama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia untuk menciptakan Sumber Daya Manusia pertanian yag tangguh dan Ungguh di Seluruh Indonesia, Senin (11/04/2022).

Koordintor Nasional (Kornas) KKT PTI, Daenk Jamal mengatakan, sebagian besar petani di Indonesia hari ini telah lanjut usia/usia tidak produktif

“Indonesia adaalah negara agraris. Itu disebabkan karena sebagian besar mata pencaharian penduduk Indonesia adalah bercocok tanam. Namun dari dekade ke dekade seiring berjalannya waktu Hingga saat ini menurut data dari BPPSDMP bahwa petani kita hari ini berjumlah 33.4 jt orang, dan 90 persen dari petani tersebut masih didominasi oleh petani kolonial atau petani yang sudah tua,” pungkasnya.

Baca Juga: Jaga Stabilitas Harga, Kementan Percepat Serapan Gabah Petani di Madiun

Menurut Daenk Jamal, populasi lanjut usia yang mendominasi tersebut ditambah dengan kondisi ekonomi yang tidak memadai, erat hubungannya dengan meningkatnya bantuan subsidi di Indonesia setiap tahunnya.

“Fakta yang bisa kita lihat di lapangan lemahnya perekonomian dan SDM petani kita yang notabene didominasi oleh petani tua menjadikan mereka berharap banyak dari subsidi dan bantuan pemerintah. Itu dikarenakan tingginya nilai yang mereka harus keluarkan pada praproduksi lahan petanian hingga nilai pasca panen yang tentunya lebih menguntungkan para pengusaha hasil pertanian,” ujarnya.

Karena adanya fenomena tersebut, KKT-PTI bangun MoU dengan Kementerian Pertanian, dengan harapan bahwa pemuda tani di Indonesia dapat memperbaiki perekonomian keluarga mereka menggunakan pola sistem yang dibangun olehnya.

Baca Juga: Antisipasi Kemarau 2022, Kementan Dorong Gerakan Panen Air

“Mereka punya potensi yang cukup luar biasa, di usia mereka yang masih energik harapan ini akan menjadi maksimal. SDM yang diragukan akan kami bimbing dan kawal hingga mereka sukses, itulah harapan bangsa ini, harapan keluarga dan jaminan kehidupan masa depan mereka,” terang Daenk Jamal