JAKARTA – Pengambilan kekuasaan oleh Taliban pada wilayah afganistan telah menjadi isu sensitif politik internasional dan menarik perhatian banyak orang tak terkecuali Politikus Indonesia, Fahri Hamzah.

Baca Juga : 8 Fakta Tentang Afghanistan, Negara Yang Saat Ini Dikuasai Oleh Taliban

Melalui akun twitternya, Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah, mengatakan masalah afganistan memberikan pelajaran dalam hal bernegara.

Twit Fahri Hamzah terkait masalah Afghanistan

“Organisasi Negara tidak saja harus nasional tapi juga harus rasional. Dari afganistan ada 2 pelajaran penting: pertama, mereka tidak sempat punya narasi kolektif seperti kita punya pancasila,” tulis Fahri, Kamis (26/08/2021).

Pelajaran kedua yang dapat dipetik adalah kegagalan melahirkan nasionalisme Afganistan.

“Kedua, jejak infiltrasi asing yang kiri dan kanan tidak pernah hilang dan gagal digunakan untuk melahirkan nasionalisme afghan,” lanjutnya.

Menurutnya, ada dua masalah yang dihadapi afganistan. Pertama, sanggupkah Taliban membangun solidaritas ditengah ketiadaan narasi kolektif itu? Dan kedua, bagaimana kekuatan asing bersikap?

“Pro rekonsiliasi atau pro perang sipil setelah amerika dan sekutunya keluar?,” tanya Fahri.

Sebagaimana diketahui, setelah berhasil menguasai wilayah afganistan, kini Taliban menghadapi masalah narasi politik internasional yang memanas ditambah lagi dengan permintaan Inggris untuk memperpanjang operasi penyelematan warganya.