BULUKUMBA – Safari Ramadan yang kelima atau terakhir Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf memaparkan program unggulan tahun 2022, yang didampingi oleh tem 1 di Desa Bontoharu Kecamatan Rilau Ale, Selasa, (12/04/2022).

Baca juga:Ketua KONI Provinsi Tinjau Kesiapan PORPROV di Bulukumba

 

Andi Utta Paparkan Program Unggulan Tahun 2022, Diakhiri Safari Ramadan

Di Safari Ramadan yang terakhir ini, Andi Utta kembali menyampaikan sejumlah program unggulanj yang dilaksanakan tahun 2022, baik infrastruktur jalan, irigasi maupun program bibit unggul, termasuk pelaksaanaan berburu babi yang rutin dilaksanakan setiap akhir pekan.

Dikatakan, Kecamatan Rilau Ale dan Bulukumpa adalah daerah basis pertanian dengan potensi lahan yang subur. Dua wilayah ini tidak memiliki tambang minyak atau pun gas, sehingga hanya sektor pertanian yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita hanya bisa mengandalkan lahan yang subur, sehingga potensi ini betul-betul harus dimaksimalkan dengan program bibit unggul,” ungkapnya.

Untuk perbaikan irigasi, lanjutnya, Andi Utta menyebut pekerjaan irigasi tahun ini sudah menggunakan sistem cetak panel yang berbentuk ‘U’ sehingga tinggal dipasang.

Selain menghemat tenaga karena tidak mobilisasi material, konstruksi cetak panel ini lanjutnya, lebih tahan lama karena sudah terstandardisasi.

“Kualitasnya bisa bertahan sampai 25 tahun lebih,” terangnya

Dengan sistem irigasi yang baik, lanjutnya maka akan menjadi salah satu penentu keberhasilan pertanian khususnya peningkatan produktivitas tanaman padi.

Andi Utta kemudian membandingkan nasib petani di Indonesia dengan petani di luar negeri, misalnya Jepang dan Korea.

“Di sana, bukan pejabat yang kaya, tapi yang kaya raya dari kalangan petani dan pengusaha,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Andi Utta kembali menyerahkan Paket Ramadan Ceria dari program Baznas Peduli yang diperuntukkan kepada marbot, guru mengaji tradisional, dan keluarga prasejahtera. Selain itu, ia juga menyerahkan bantuan Masjid sebesar sepuluh juta.