MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) akan memberikan dana sebesar Rp10,48 miliar untuk membantu perputaran ekonomi pada masyarakat, khususnya pada sekitar wilayah Makassar New Port.

Baca Juga: Andi Sudirman Sulaiman Jadi Saksi Terdakwa Nurdin Abdullah

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini telah terbagi atas pembiayaan bagi usaha kecil dan menegah sebesar 3,5 Milliar serta sisanya yaitu program tanggung jawab sosial lingkungan sejumlah 6,7 Milliar.

Pilar tanggung jawab sosial sendiri terbagi atas 4 pilar yaitu Pilar sosial, pilar ekonomi, pilar pendidikan dan pilar pembangunan.

Sekertaris PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto, mengatakan bahwa saati ini mereka tengah fokus untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yag berada di sekitar Makassar New Port khususnya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Saat ini kita fokus memberikan bantuan pada masyarakat yang berada di sekitar makassar new port, khususnya untuk pemberian bantuan modal kerja bagi Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) pada sekitar Makassar new port. Kami telah bekerja sama dengan pihak Inkubator Bisnis UNHAS yang nantinya akan membina dan membantu para pelaku UMKM mulai dari awal, hingga mandiri dan Mampu berkembang pesat,” Ungkap Toto melalui konferensi pers, Kamis (26/08/2021).

Lanjut Toto, mengungkapkan bahwa selain bantuan UMKM, PT Pelindo IV Makassar juga memberikan bantuan berupa pendidikan dan pelatihan gratis bagi para nelayan yang berada di sekitar area Makassar New Port.

“Kita juga melakukan pendidikan dan pelatihan bagi nelayan sekitar Makassar New Port, lokasinya berada di 4 Pelabuhan. Pendidikan pertama kita kerja sama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar selama 6 hari secara gratis serta diberikan makan dan uang saku selama pelatihan,” Ujar Toto.