TECHNO – Teknologi selalu berkembang dan tidak pernah berhenti. Anda mungkin masih ingat kalau pada tahun 2001 lalu, jaringan 3G merupakan jaringan terbaik yang bisa Anda nikmati. Jaringan ini telah mampu menggabungkan aspek jaringan sebelumnya yakni 2G dengan teknologi serta protocol baru sehingga kecepatan data yang dihasilkan jadi lebih cepat.

Sejarah Jaringan 3G dan 4G

Beberapa manfaat dari keberadaan jaringan 3G saat itu antara lain Anda bisa menerima atau mengirim email yang memiliki ukuran besar, kecepatan transfer data menjadi lebih was was, kapasitas layanan juga membesar. Ada banyak kemudahan yang diraih.

Tahun berganti, manusia kembali melakukan penelitian demi kemajuan teknologi. Tahun 2009 jaringan 4G telah lahir. Negara pertama yang meresmikannya adalah Norwegia dan Swedia. Kedua negara eropa tersebut sukses mengambil satu Langkah kedepan.

Apa saja perubahan yang muncul ketika akses untuk jaringan 4G muncul? Perbedaan paling mencolok lagi-lagi terletak pada kecepatan data. Namun, hal tersebut bukan tanpa masalah. Terbukti, meski telah tersedia dimana-mana, tidak semua jaringan mampu mencapai kecepatan 4G yang dibutuhkan. Hal ini menyebabkan lahirnya evolusi terbaru dari 4G yakni 4G LTE.

Jaringan 4G LTE diklaim mampu menyediakan koneksi internet yang cepat dan aman bagi khalayak luas. Selain itu, ada juga tambahan fitur-fitur menarik lain dari perubahan 3G ke 4G dan akhirnya 4G LTE.

Pengguna 4G LTE bisa melakukan transfer multimedia interaktif seperti suara dan video, tidak hanya data. Selain itu, biaya yang dikenakan per bit data pun rendah sehingga jaringan ini menjadi jauh lebih terjangkau. Kecepatannya pun tak perlu Anda ragukan karena bisa mencapai hingga 20 Mbps lebih.