LUWU UTARA – Dua Kelompok Tani (Poktan) di Wilayah Transmigrasi Dusun Salassa Desa Lampuawa Kecamatan Sukamaju, masing-masing Poktan Cahaya Pongkase dan Poktan Kalawin, mendapat bantuan benih jahe merah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker).

Baca juga : Bupati Luwu Utara Serahkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Nelayan

Jumlah benih jahe merah yang diterima Poktan Cahaya Pongkase sebanyak 220 kg, sementara Poktan Kalawin 230 kg. Benih ini nantinya akan dibagikan ke masing-masing pengurus dan anggota poktan.

Pembagiannya langsung ke anggota poktan, dan minggu ini sudah tersalurkan semua ke masing-masing anggota poktan penerima bantuan.

“Alhamdulillah, bantuan benih jahe merah sudah direalisasikan, benih jahenya juga sudah sampai di tangan poktan. Insya Allah, dalam waktu dekat akan dibagikan ke anggota poktan,” kata Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian (WKPP) Desa Lampuawa Sukamaju, Ramsal, Rabu (20/4/2022), di Sukamaju.

Kata Ramsal, pengadaan benih jahe merah adalah hasil tindak lanjut dari pertemuan dengan Kadis Transnaker pada pertemuan Sosialisasi Budidaya Jahe Merah di Dusun Salassa, pada 30 Maret 2022 yang juga dihadiri pengurus dua poktan penerima bantuan benih jahe merah.

“Atas nama pemerintah desa, poktan dan PPL, kami ucapkan terima kasih kepada Bupati dan Distransnaker, atas bantuan yang diterima poktan,” ucap Ramsal.

Dikatakan Ramsal, bantuan ini sekaligus sebagai kado perpisahan Kadis Transnaker yang 1 Mei 2022 mendatang sudah masuk masa purna bakti alias pensiun sebagai PNS.

“Semoga bantuan ini bermanfaat buat petani kita, sekaligus ini kado pak Kadis buat petani kita di wilayah trasmigrasi Desa Lampuawa sebelum masuk masa purna bakti,” ucap Ramsal.