MAKASSAR – Ketua Indonesia Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) Sulsel, dr Fadli Ananda SpOg MKes, berharap Ramadhan kali ini bisa menjadi momentum kebangkitan UMKM, setelah dua tahun terpuruk akibat pandemi Covid 19. Apalagi, daya beli masyarakat juga sudah berangsur-angsur mulai membaik, seiring pulihnya perekonomian daerah.

“Saya lihat, di sejumlah lokasi bazar Ramadhan yang melibatkan UMKM itu selalu ramai oleh pengunjung. Semoga ini menjadi indikator kebangkitan UMKM kita,” kata Fadli Ananda, Kamis, 21 April 2022.

Baca Juga : Fadli Ananda Harap Gubernur Baru Bisa Bawa Sulsel Lebih Baik

Fadli Ananda yang juga merupakan pengusaha mengungkapkan, ISYEF Sulsel melalui program-programnya senantiasa mendorong lahirnya UMKM yang besar, mandiri, dan kuat. Termasuk dalam pengembangan akses dan jejaring, menuju UMKM yang modern, mendunia, dan digital.

“UMKM kita memiliki daya saing yang tinggi dari segi kualitas produk. Hanya, butuh daya ungkit agar mampu tampil percaya diri di tengah persaingan yang makin kompetitif,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini banyak bermunculan UMKM baru, yang membutuhkan perhatian khusus. Bukan hanya dalam hal bantuan permodalan, tetapi juga pembinaan agar menguasai strategi promosi dan pemasaran. Apalagi, saat ini sudah memasuki era e-commerce atau pemasaran digital.

“Kami di ISYEF hampir setiap tahun memberikan kesempatan kepada pengusaha-pengusaha muda, melalui program ISYEF Preneur. Adapula bantuan untuk pelaku UMKM, bukan hanya di Kota Makassar saja, tapi juga di luar Makassar,” pungkasnya.