YOGYAKARTA — Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, menyampaikan ucapan selamat Hari Bumi yang rutin diperingati setiap 22 April. Ia menekankan, Hari Bumi merupakan momentum bersama untuk membangun kesadaran mencintai bumi.

Pasalnya, tekanan terhadap bumi semakin luar biasa, sehingga perlu kearifan untuk mengelola, menata dan memulihkannya. Karenanya, Hari Bumi harus dijadikan sebagai ikhtiar membangun kesadaran kolektif seluruh warga dunia dan warga bangsa.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi Sedunia, Accor Hotel Makassar Tanam 1.000 Mangrove

“Untuk merawat, mengolah, memakmurkan bumi sebagai satu-satunya tempat kita berhuni, tempat tinggal dan menjalani kehidupan yang tidak ada gantinya dengan penuh pertanggungjawaban yang tinggi,” kata Haedar, Jumat (22/4).

Dalam segala keragaman manusia, baik perbedaan ras, bangsa, maupun golongan, semua berpijak di atas tanah bumi. Maka itu, perlu aksi nyata secara bersama-sama dan berkelanjutan untuk dapat melakukan usaha-usaha seperti penghijauan hutan.

Kemudian, langkah-langkah merubah gaya hidup boros energi, membersihkan polusi dan membangun infrastruktur fisik yang ramah lingkungan. Sebab, jika hanya dilakukan seorang diri atau sebagian kelompok, tentu itu tidak ada artinya.

Jadikan Hari Bumi sebagai kesadaran bersama untuk membangun bumi, menghuni dengan baik, damai, bersatu, dan menjaga kelangsungannya. Sekaligus, membangun kesadaran kolektif tidak mengeksploitasi, merusak, dan menghancurkannya atas nama apapun.