RAKYAT.NEWS, Pontianak – Badan Pengawas Pemilihan Umum- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) tengah menyiapkan rancangan draft peraturan Bawaslu (Perbawaslu) yang akan mengatur terkait pengelolaan dan tata kelola Kehumasan.

“Evaluasi kami di tahun 2022 kemarin, termasuk salah satunya terkait penataan tata kelola humas. Humas ke depan diharapkan tidak hanya sebagai penyampai berita/informasi tetapi juga menjadi semacam early warning system,” kata Anggota Bawaslu Koordinator Divisi Pencegahan, Humas dan Partisipasi Masyarakat Lolly Suhenty pada Rapat Evaluasi Akhir Publikasi dan Pemberitaan pada Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu menuju Humas Bawaslu yang Adaptif, Informatif, dan Edukatif pada Pemilu 2024, di Pontianak, dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin, 30 Januari 2023.

Ia menyebut, Bawaslu pada tahun 2022 telah menghasilkan sejumlah produk hukum berupa pedoman pengelolaan media sosial untuk panwascam. “Produk tersebut merupakan ikhtiar bawaslu terhadap tuntutan masyarakat akan informasi terhadap Bawaslu agar terstandar lebih baik,” jelas Lolly.

Sementara, Anggota Bawaslu Sulsel Saiful Jihad yang mengikuti kegiatan menyambut baik rancangan draft pengelolan dan tata kelola Kehumasan. Apalagi mengingat tahapan yang tengah berjalan semakin membutuhkan peran kehumasan dalam penyampaian pesan yang informatif dan edukatif.

“Kerja Bawaslu bisnisnya adalah trust, bagaimana agar masyarakat kita dapat terdorong untuk mau melibatkan diri mengawasi jalannya proses pemilu dengan konten dan informasi yang edukatif dari kami penyelenggara,” ujar Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat Bawaslu Sulsel ini.

“Mewujudkan Humas Bawaslu yang adaptif,  informatif dan edukatif, membutuhkan upaya bersama dan berkesinambungan. Upaya bersama tentu tidak hanya sebatas penguatan pada tataran pengelolaan dan memproduk konten, tetapi penguatan jaringan kerjasama, kemitraan dan dukungan kebijakan di tingkat internal menjadi penting, tidak hanya sebatas ditataran staf pendukung, tetapi juga pada tingkat pimpinan,” tambah Saiful Jihad.