MAKASSAR – Bulan Ramadhan terkadang identik dengan tumpukan piring kotor di dapur, terutama setelah sahur dan berbuka puasa.  Begitu pula saat Idul Fitri tiba.

Baca Juga : OJK : Perbankan Syariah di Indonesia Masih hadapi Sejumlah Tantangan

Seperti kegiatan membersihkan rumah, mencuci piring di bulan Ramadhan bisa jadi lebih sulit dan membosankan karena Anda tidak bisa makan atau minum untuk mengisi kembali energi yang terbuang. Jadi, Anda harus pintar-pintar mengatur strategi agar tumpukan piring kotor bisa dicuci lebih efisien.

Nah, untuk membantu mencuci piring lebih cepat di bulan Ramadhan, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Ganti spons atau sikat

Dikutip dari The Kitchn, Coba ganti spons atau kuas biasa dengan spons atau kuas baru, apalagi jika sudah lama digunakan.

Jika memungkinkan, Anda dapat memilih spons atau sikat dengan kualitas lebih baik, seperti daya tahan yang lebih tinggi atau bulu yang lebih kuat. Ini akan membantu Anda membersihkan piring lebih efektif.

2. Gunakan tempat sabun

Membeli sabun cuci piring berukuran besar memang menguntungkan, namun kurang praktis karena seringkali harus mengambil botol besar untuk menuangkan sabun ke spons.

Telah dilaporkan Bobville Anda dapat mencoba menggunakan dispenser sabun atau botol pompa yang dapat ditekan untuk membantu mendistribusikan sabun lebih cepat. Anda bahkan tidak perlu khawatir botol sabun jatuh karena terlepas dari tangan Anda yang licin saat mencuci.

3. Pertama rendam atau bilas piring

Jika Anda tidak berencana untuk segera mencuci piring, selalu rendam atau bilas piring kotor terlebih dahulu.

Mengapa?  Hal ini karena dapat melindungi Anda dari kotoran atau sisa makanan yang menempel dan mengeras. Dengan merendam piring, sisa makanan akan mudah keluar dan memudahkan Anda untuk mencuci piring nantinya.