LIFESTYLE – Hampir semua orang menginginkan dan menjaga agar hidup sehat. Namun, tidak begitu mudah untuk melakukan hal tersebut. Terkadang anda mesti merubah beberapa hal bahkan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan hidup yang dapat membuat anda sakit apalagi saat lanjut usia.

Baca Juga : 60 Perempuan Muda Indonesia Terima Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021

5 Kebiasaan yang harus dihindari saat lanjut usia sebagai berikut

1. Kurang Tidur

Kebiasaan satu ini sering dialami apalagi bagi kalian yang punya kesibukan bekerja sampai larut malam sehingga kurang tidur. Hindari kebiasaan ini agar dapat hidup sehat. Istiraha yang cukup minimal tujuh-sembilan jam.

2. Kesepian

Merasa sepi sangat mempengaruhi berfikir dan kesehatan tubuh termasuk anda telah masuk lanjut usia. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk berbaur dengan banyak orang sebagai makhluk sosial untuk berinterkasi agar tidak kesepian.

3. Melewatkan vaksinasi

Dilansir eatthis.com., ketika saatnya tiba, dapatkan vaksin COVID-19 untuk mengurangi risiko kemungkinan dirawat di rumah sakit atau meninggal karena penyakit pernapasan seperti flu, pneumonia, dan COVID seiring bertambahnya usia. Selain itu, dapatkan semua vaksin lain yang direkomendasikan untuk orang berusia di atas 60 tahun.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengatakan setiap orang dewasa harus mendapatkan vaksin flu tahunan, dan orang di atas 60 tahun harus menjadikannya prioritas. CDC juga merekomendasikan dua vaksin pneumonia pneumokokus untuk orang berusia 65 tahun ke atas, dan dua dosis vaksin herpes zoster untuk orang berusia di atas 50 tahun.

4. Konsultasi dengan dokter gigi

Saat lanjut usia, anda akan mengalami penyakit periodontal atau kerusakan gigi atau gusi karena umur tua. Segera mengobati, melakukan konsultasi karena apabila tidak, dapat menyebabkan kehilangan gigi.

5. Tidak berolahraga

Anda yang lanjut usia harus tetap berolahraga agar tetap hidup sehat. Memulai dari hal kecil mengurangi kebiasaan malas bergerak.