Jakarta – Seiring dengan berkembangnya teknologi, peralatan juga semakin berubah dan banyak pekerjaan juga semakin mudah dan teknologi semakin memudahkan manusia.

Namun, dibalik kemudahan yang dirasakan, terdapat pekerjaan yang tergeser dan tergantikan oleh teknologi.

Di era teknologi, kini banyak pekerjaan yang mulai tergantikan oleh robot dan mesin.

Baca Juga : Kaum Milenial Ciptakan Lapangan Pekerjaan dengan E-Commerce

Dilansir dari tempo.co, berikut daftar pekerjaan yang kemungkinan akan punah di masa depan karena tergantikan oleh teknologi.

Petugas Lokomotif

Pada awalnya petugas lokomotif yang bertugas untuk memantau sinyal dan jalur kereta api untuk memastikan bahwa kereta berjalan dengan aman atau bagian pembakaran di kereta api memerlukan banyak tenaga kerja.

Namun seiring berjalannya waktu, perlahan banyak teknologi yang dapat menggantikan pekerjaan ini. Berdasarkan data yang dikutip dari AARP penurunan yang terjadi dari 2008 hingga 2028 sekitar 68,3 persen.

Tukang Parkir

Di Indonesia tukang parkir masih banyak ditemui meski di beberapa tempat mulai menggunakan mesin parkir otomatis yang hanya membutuhkan 1-2 petugas dalam pos bahkan terdapat yang sama sekali tidak melibatkan manusia. Jika mesin parkir sudah terpasang di banyak tempat, kemungkinan tukang parkir bisa saja tergantikan oleh mesin.

Loper Koran

Saat ini surat kabar, koran, majalah, dan bentuk media massa cetak sudah mulai tergantikan dengan yang berbentuk elektronik.

Perlahan, media pemberitaan bergerak ke internet yang dirasa lebih mudah dan simpel. Mengutip dari Inc.com, hal ini menyebabkan koran atau surat kabar dicetak secara terbatas, sehingga layanan pengirimannya juga akan berkurang bahkan berpotensi hilang.

Kasir

Pandemi Covid-19 yang mengharuskan interaksi menjadi terbatas kegiatan dalam perdagangan juga turut terdampak.

Selain banyak orang yang beralih belanja secara online, di pusat perbelanjaan juga mulai menggunakan mesin pembayaran mandiri. Sehingga kasir dianggap mubazir dan kedepannya bisa saja akan hilang.

Agen Perjalanan
Sama halnya dengan berbelanja barang secara daring dan munculnya e-commerce, penjualan tiket dan paket liburan juga mulai beralih secara online.

Untuk membeli tiket transportasi, tiket tempat pariwisata, bahkan paket liburan mulai dari transportasi untuk ke tempat tujuan hingga hotel dapat direncanakan dan dipesan secara mandiri baik melalui situs web maupun aplikasi perjalanan. Agen Perjalanan perlahan redup.

Sehingga pekerjaan agen perjalanan perlahan namun pasti dapat tergantikan oleh situs web perjalanan.