JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan kerjasama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk antisipasi kepadatan arus balik mudik 2022, Rabu (4/5/2022).

 

Baca Juga : Jelang Lebaran, Stok Daging Sapi di Jakarta Melimpah

Berikut 7 langkah antisipasi arus balik mudik 2022 :

 

1. Menerapkan sistem One Way

 

Penerapan rekayasa lalu lintas seperti sistem One way akan dimulai dari KM 414 atau Gerbang Tol Kalingkung sampai KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama.

 

2. Sosialisasi rute alternatif

 

Polri bersama dengan stakeholder terkait akan terus melakukan sosialisasi rute alternatif dari menuju Bandung dari Jakarta saat penerapan one way.

 

3. Menggunakan rute alternatif

 

Menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan rute alternatif dan tidak menunggu selesainya one way di entry gerbang tol, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan.

 

4. Implementasi manajemen rest area

 

Polri dengan stakeholders terkait melakukan implementasi manajemen tempat istirahat atau rest area, yakni Rest Area Management System (RAMS) untuk menginfokan kapasitas parkir kepada pengendara sebelum masuk rest area.

 

5. Tidak berhenti di bahu jalan dengan memanfaatkan rest area

 

menghimbau masyarakat untuk tidak berhenti di bahu jalan jika tidak dapat beristirahat di rest area. Diharapkan dapat memanfaatkan rest area yang berada di kota terdekat dengan keluar terlebih dahulu di gerbang tol terdekat.

 

6. Pastikan kesediaan BBM

 

Memastikan ketersediaan BBM, BBM modular atau pertashop, BBM Motorist, bengkel motorist, layanan top up, posko layanan, pasokan listrik.

 

7. Mengurangi hambatan rute alternatif

 

Pencegahan kemacetan saat arus balik ialah dengan meminimalisir hambatan di rute alternatif, sehingga kapasitas jalan bisa digunakan optimal oleh volume kendaraan yang dialihkan ke ruas-ruas jalan alternatif.