JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) telah mengeluarkan peringatan kemungkinan gelombang tinggi di beberapa perairan di Indonesia yang diperkirakan terjadi mulai pagi ini, Kamis hingga Jumat (5-6/5/2022).

Baca Juga : Berdasarkan Hisab BMKG dan BRIN Prediksi Lebaran Serentak 2 Mei

Dilansir di situs resminya, BMKG memprediksi gelombang tinggi akan mulai terjadi sekitar pukul 07.00 WIB akibat angin yang cukup kencang.

Di Indonesia bagian utara, pola angin yang dominan adalah dari barat laut ke timur laut dengan kecepatan angin 8-25 knot.

Sedangkan di Indonesia bagian selatan, arah pergerakan yang umum adalah arah Timur-Tenggara dengan kecepatan angin sekitra 4-20 knot.

“Kecepatan agin tertinggi terpantau di Samudra Hindia barat Aceh hingga kepulauan Nias,” terangnya.

Meliputi Perairan Utara Sabang, Perairan Bengkulu, Perairan Flores Selatan, Laut Sawu, Perairan  P. Sawu-Rote, Laut Timor, Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Anambas-Natuna, serta perairan Utara Kepulauan Talaud.

Juga laut Tara Halmahera, laut Halmahera, Sandra Pasifik Utara Halmahera hingga Papua, perairan Selatan Leti-Sermata, perairan Selatan Kep. Tanimbar, perairan Selatan Kep. Kai-Aru, dan Laut Arafuru.

Baca Juga : Perkembangan Teknologi, 5 Pekerjaan Diprediksi Bakal Punah