MAKASSAR – Founder dan Advisor KALLA, Jusuf Kalla adalah salah satu tokoh yang menerima bintang jasa dari Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang untuk Indonesia. Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 tersebut dinilai telah berkontribusi dalam memperkuat hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Baca Juga : Perwira Bone Gelar FGD, Bahas Penguatan Lembaga Adat

Penganugerahan bintang jasa diumumkan melalui website resmi Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia. Bintang tanda jasa yang diberikan kepada JK, sapaan karib Jusuf Kalla ialah Grand Cordon of the Order of ther Rising Sun. Jasa utamanya adalah berkontribusi pada peningkatan hubungan dan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

Chief Legal Officer and Coeporate Secretary KALLA, Subhan Djaya Mappaturung memberikan ucapan selamat atas capaian yang telah berhasil diraih oleh JK.

“Kami mengucapkan selamat kepada Bapak Jusuf Kalla yang telah mendapatkan bintang jasa dari Kedubes Jepang untuk Indonesia. Selama menjabat sebagai Wakil Presiden, beliau memang banyak berkontribusi dalam membangun dan menjaga hubungan baik antar negara melalui langkah-langkah diplomatiknya, khususnya bersama pemerintah Jepang. Sampai sekarang pun beliau masih menjaganya sengan sangat baik. Tentunya ini menjadi kebanggaan kami semua di KALLA,” tuturnya.

Menurut Pemerintah Jepang, kontribusi Jusuf Kalla muncul ketika ia menjabat sebagai Wakil Presiden selama 10 tahun, pada periode pertama masa pemerintahan Presiden Yudhoyono (tahun 2004-2009) dan masa pemerintahan Presiden Joko Widodo periode pertama (tahun 2014-2019).

Selama masa jabatannya, Is secara konsisten mendukung kordinasi berbagai masalah sulit, di dalam dan di luar Kabinet melalui kerjasama dengan kalangan politik dan ekonomi Jepang, sehingga memberikan kontribusi penting untuk meningkatkan hubungan Jepang-Indonesia.

Selain itu, ia terus memperhatikan upaya rekonstruksi Jepang akibat gempa bumi bagian Timur (Tohoku) 2011, termasuk menghadiri Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Penanggulangan Bencana sebagai perwakilan Indonesia yang digelar di Jepang.

Sebagai Founder KALLA, Jusuf Kalla juga menjalin hubungan bisnis dengan perusahaan otomotif Jepang, yaitu Toyota. Sebagai salah satu pendiri dealer Toyota di Indonesia, KALLA kini konsisten menjadi market leader di wilayah penjualan, yakni di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, SUlawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Selain Jusuf Kalla, dua tokoh lainnya yang juga mendapat bintang jasa, yakni Sri Sultan Hamengkubuwono X dan mantan Duta Besar RI untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra. Masing-masing dari merka menerima bintang tanda jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star.