MAKASSAR – Program “Paraikatte” merupakan program PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 yang telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Kota Makassar dan hal itu diapresiasi oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto karena telah buktikan komitmen terhadap para pekerja yang mengalami kecelakaan, Minggu (15/5/2022).

 

Baca Juga : Usai Penyerahan Bandara Sorowako Oleh PT Vale, Andi Sudirman Terbang ke Makassar

Program tersebut telah direalisasikan dengan penyerahan santunan kecelakaan kerja sebesar Rp70 juta kepada ahli waris nelayan Sahabuddin yang merupakan peserta Program Paraikatte. Bantuan tersebut diserahkan langsung Regional Head 4 Pelindo Dwi Rahmad Toto, dan disaksikan Wali Kota Makassar pada acara Ramah Tamah Peringatan Hari Buruh Nasional di Gammara Hotel Makassar, akhir pekan lalu.

 

Menurut Dwi, santunan yang diberikan merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat atau para pekerja khususnya yang berada di area maritim.

 

“Ini adalah bagian dari program CSR Pelindo, bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat atau pekerja khususnya di sekitar wilayah maritim,” jelasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Makassar juga melakukan penyerahan piagam sebagai tanda penghargaan atas partisipasi Pelindo Regional 4 dalam memberikan perlindungan pekerja rentan sektor informal Kota Makassar melalui program Pemerintah Kota Makassar “Paraikatte” Tahun 2022.

 

Ramdhan menjelaskan, Paraikatte adalah program gagasan Pemkot Makassar yang merupakan singkatan dari Partisipasi Perlindungan Pekerja Rentan Terdekat dan sudahada 10 perusahaan yang bergabung dalam program.

 

“Saat ini sudah terdapat 10 perusahaan yang ikut serta dalam Program Paraikatte, salah satunya adalah Pelindo,” ujarnya.

 

Lanjutnya, ia menjelaskan bahwa program tersebut akan menjadi amalan karena telah memberikan jaminan perlindungan kepada orang-orang.