MAKASSAR – Andhy Rhamdani dan Ilham Sudirman yang merupakan Mahasiswa dari Universitas Dipa Makassar berhasil mempertahankan hasil penelitian tentang sistem kontrol keamanan sepeda motor pada ujian skripsi yang berlangsung pada hari Jumat (13/5) dengan judul “Implementasi Sistem Kontrol Keamanan Sepeda Motor Berbasis Internet of Things Komunikasi Combo Pada Android”, Minggu (15/5/2022).

 

Baca Juga : Unismuh Makassar Akan Gelar Soft Launching RS PKU Muhammadiyah

Kedua mahasiswa tersebut dibimbing oleh Indo Intan, ST., MT., sebagai Pembimbing I dan Usman, SE., M.Kom. sebagai Pembimbing II, lalu yang bertindak sebagai penguji yakni Dr. Husain T, ST., MT., M.Pd., sebagai Penguji I dan Dr. Nurdiansah, S.Kom., M.Pd. sebagai Penguji II.

 

 

Andhy Rhamdani yang juga merupakan COO PT. Synergy Utility Network (SUN) menjelaskan tantangan yang dihadapi selama kerja skripsi yaitu saat tahap pengerjaan alat dan aplikasi yang dimana belum diketahui sebelumnya.

 

“Kalau mengenai tantangan, disaat proses pengerjaan alat dan aplikasinya, dimana hal yang sebelumnya belum diketahui atau jarang dilakukan seperti halnya dibagian pengerjaan alatnya otak atik kelistrikan pengkabelan Motor,” jelasnya.

 

Lanjutnya, Organisasi kemahasiswaan merupakan hal yang membantu dia dan rekannya dalam penyelesaian tugasnya.

 

“Organisasi sangat membantu sekali, dan bisa dibilang organisasi SUN lah yang dapat membuat saya dan rekan saya mendapatkan atau menyelesaikan gelar S1 saya di Universitas DIPA Makassar,” ungkapnya.

 

Andhy menjelaskan, organisasi/wadah seperti inilah yang sangat dibutuhkan untuk mahasiswa(i), Inovatif dan Realistis. Dan tak lupa ia juga mengucapkan Terima kasih kepada  PT. SYNERGY UTILITY NETWORK dan Universitas DIPA Makassar atas support dan bimbingan yang telah diberikan.