JAKARTA – Pada kongres Amerika Serikat yang dipimpin oleh Mitch McConnell di Kyiv, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dalam pidatonya menjelaskan bahwa kongres tersebut membahas dukungan Amerika Serikat (AS) kepada Ukraina dan memperketat apa yang seharusnya menjadi sanksi terhadap Rusia dengan delegasi, Senin (16/5/2022).

 

Baca Juga : DPN PERMAHI Temui Dubes Rusia Bahas Geopolitik Hingga Konferensi Mahasiswa Hukum Internasional

Ia mengatakan, kunjungannya tersebut menunjukkan kekuatan dukungan bipartisan untuk negaranya, serta kekuatan hubungan antara negara Ukraina dan Amerika.

“Saya percaya bahwa kunjungan ini sekali lagi menunjukkan kekuatan dukungan bipartisan untuk negara kita, kekuatan hubungan antara negara-negara Ukraina dan Amerika,” jelasnya dilansir dari Tempo.co.

McConnell mengatakan, hal tersebut merupakan kepentingan nasional baginya dan mencegah terjadinya perang agresi.

“Adalah kepentingan nasional kami untuk membantu Ukraina mencapai kemenangan dalam perang ini dan membantu Ukraina serta negara-negara lain mencegah perang agresi lainnya sebelum dimulai,” ujarnya.

Duta Besar Moskow untuk Amerika Serikat, Anatoly Antonov beri peringatan kepada AS karena akan ada konsekuensi yang tidak terduga.

“Amerika Serikat semakin terseret lebih dalam ke dalam konflik dengan konsekuensi yang paling tidak terduga untuk hubungan antara dua kekuatan nuklir,” ungkapnya.