JAKARTA – Saat anda beranjak dewasa tanpa disadari penyakit sedikit demi sedikit mulai menyerang dan berdampak pada kesehatan tubuh termasuk gigi yang biasanya dimulai dari gusi.

Baca Juga : 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Saat Lanjut Usia

Asisten profesor klinis periododontologi dan kedokteran gigi implan di NYU College of Dentistry, Vera WL Tang, penyakit periodontal merupakan istilah lain dari penyakit gusi disebabkan oleh bakteri menumpuk di antara gusi dan gigi.

“Penelitian menunjukkan bahwa penyakit gusi dapat rendah juga penyakit penyakit sistemik lainnya, seperti diabetes, penyakit jantung, rheumatoid arthritis, penyakit pernapasan, osteoporosis, kanker, dan penyakit Alzheimer,” katanya.

Berikut 7 Tanda Awalnya

1. Pendarahan saat gigi atau flossing

Hal ini biasanya disebabkan oleh pembentukan plak atau karang gigi. American Dental Association untuk gigi dua kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi seperti flossing sehari.

2. Gusi merah, bengkak atau lunak

Gusi yang tampak bengkak, teriritasi dan sensitif merupakan tanda gingivitis ringan. Cobalah untuk lebih memperhatikan penyakit ini sejak dini.

3. Gusi surut

Resesi gusi menangis lebih banyak akar gigi, tampak lebih panjang dari biasanya.

4. Gigi longgar

Penyakit gusi dapat menyebabkan gigi lepas atau bahkan gigi, jadi ini jelas bukan gejala yang bisa diabaikan.

5. Pergeseran gigi

Pehatikan hal ini juga sering disebabkan oleh gusi bengkak karena bakteri sehingga terjadi pergeseran gigi yang dapat membuat kesehatan anda terganggu.

6. Infeksi gusi dan/atau gigi

Anda akan merasakan sakit gigi berdenyut yang mungkin datang tiba-tiba dan membayangkan-angsur memburuk. (Hubungi dokter gigi Anda buka.

7. Halitosis, atau bau mulut

Itu bertahan lama setelah bau busuk pagi. Bau mulut yang terus-menerus dan rasa tidak enak di mulut Anda juga bisa menjadi tanda penyakit gusi.