Jambi – Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan pengecekan ketersediaan dan harga pangan di pasar Angso Duo, Provinsi Jambi guna memastikan pasokan dan harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M aman dan terkendali, Sabtu (18/04/2022).

Direktur Pupuk dan Pestisida Kementan, Mohammad Hatta saat memimpin pengecekan di pasar Angso Duo, Jambi. Mengatakan, pasokan 12 bahan pokok di pasar Angso Duo Jambi dalam kondisi stabil.

“Kita bersama tim dari Kementerian Pertanian turun langsung ke wilayah Jambi, Alhamdulillah setelah kita cek satu persatu dari 12 bahan pokok itu, tidak ada fluktuasi harga yang naik signifikan, karena masih dalam kondisi normal,” ungkapnya

Baca Juga: Pastikan Stok dan Harga Pangan Stabil, Kementan Sidak Pasar di Semarang

Hatta mengatakan, setelah dilakukan pengecekan dilapangan, berbeda dengan data yang diterimanya dari pusat terkait adanya tiga bahan pokok yang berada di zona merah, yaitu, gula pasir, minyak goreng, dan telur.

“Ternyata kita lihat sendiri ini stoknya malah melimpah, Kenyataannya ternyata berbeda dengan data yang kami terima, jadi udah benar kita turun ini dalam rangka pengendalian harga dan memastikan ketersediaan stok dari 12 bahan pokok, menjelang hari raya nanti,” paparnya.

Selain itu, kata Hatta, biasanya menjelang dan pasca hari raya harga dan stok bahan pokok terbatas, namun di Provinsi Jambi menurutnya, stok masih mencukupi hingga setelah lebaran.

Baca Juga: Jamin Ketersediaan Pangan, Kementan Kolaborasi Gelar PMT di Medan

“Dari sisi harga sendiri saya rasa tidak ada masalah, semua masih dalam kondisi normal, tidak ada kenaikan yang signifikan dan daya beli masyarakat masih mampu untuk membeli 12 bahan pokok,” tutupnya.