JAKARTA – Suku Betawi atau orang asli Jakarta memiliki sejumlah ciri khas diantaranya terdapat banyak jenis tarian yang mungkin namanya sangat asing di telinga kalian, apa saja ?.

Berikut Tari Tradisional Khas Jakarta atau Betawi

1. Tari Cokek
Tari Cokek adalah tarian khas Jakarta yang merupakan campuran dari Kebudayaan Betawi dan China yang telah ada sejak awal abad ke-20. Tarian ini diiringi dengan musik gambang kromong, namun untuk masa saat ini banyak juga yang menggunakan orkestra biasa untuk dijadikan pengiring.

2. Tari Japin Betawi
Tari Japin Betawi merupakan wujud dari perpaduan berbagai budaya yang ada di Jakarta, khususnya campuran dari tarian Melayu yang dipengaruhi budaya Arab. Kostum yang digunakan oleh tarian ini menggunakan kerudung yang merupakan busana khas Melayu. Tari ini bersifat edukatif sehingga digemari oleh banyak orang.

3. Tari Lenggang Nyai
Tari Lenggang Nyai merupakan tari tradisional Betawi yang terinspirasi dari cerita perjuangan Nyai Dasimah dalam memperjuangkan kebebasannya. Gerakan dalam tarian ini melambangkan semangat dan kelincahan dari Nyai Dasimah.

4. Tari Nandak Ganjen
Tari Nandak Ganjen adalah tari tradisional asal Betawi atau Jakarta yang diciptakan oleh Entong Sukirman, salah satu putra Bapak Kisam Jiun, pimpinan kelompok topeng Betawi Ratna Timur di Jakarta Timur.

Tarian ini memiliki makna sebagai bentuk ungkapan sukacita dan kebebasan oleh kaum muda. Tarian ini dibawakan oleh remaja putri Betawi yang beranjak dewasa.

5. Tari Ngarojeng
Tari Ngarojeng adalah tari tradisional yang diadaptasi dari musik Ajeng, yaitu musik gamelan atau tetabuhan. Musik Ajeng sendiri biasanya digunakan dalam mengiringi upacara penganten Betawi dalam upacara adat pernikahan.

6. Tari Ondel-Ondel
Tari Ondel-ondel adalah tarian khas Betawi yang sangat populer dan dijadikan sebagai salah satu daya tari wisata ke Jakarta. Tari ini menggunakan kostum khas yang berbentuk bonek disebut ondel-ondel.