MAKASSAR – Dalam rangka mencegah berkembangnya paham radikalisme dan intoleransi, pemerintah Kecamatan Tallo bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa Kota Makassar menggelar ‘Workshop Kebangsaan Penguatan Wawasan Kebangsaan, Moderasi Beragama dan Pencegahan Penyebaran Paham Intoleransi dan Radikalisme di Kota Makassar’ bertempat di aula kantor camat Tallo, kamis (19/5/2022).

 

Hadir dalam workshop ini, Camat Tallo, Alamsyah Sahabuddin, S.STP, M.Si, Ketua FKUB Sulsel Prof. Arifuddin Ahmad , Kepala Badan Kesatuan Bangsa Kota Makassar, Drs. Zainal Ibrahim, Kasat Binmas Polrestabes Makassar, rombongan dari Mabes Polri yang dipimpin Kompol Agus, dan sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan dr beberapa kelurahan se Kecamatan Tallo.

Dalam arahannya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Kota Makassar, Drs. Zainal Ibrahim, M.Si menyampaikan bahwa pemerintah Kota Makassar sangat mendukung kegiatan seperti ini untuk selalu digelar agar memberikan pemahaman akan pentingnya nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa. Mengingat kondisi saat ini paham radikalisme, intoleransi dan terorisme yang berkembang di masyarakat secara terselubung tumbuh tanpa kita sadari bersama.

“Untuk menjalin kebersamaan ditengah keberagaman yang ada sangatlah diperlukan dukungan dari seluruh komponen masyarakat. Ini bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab aparat TNI/ POLRI saja, melainkan menjadi tugas dan tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat,” kata Zainal.

Sementara itu Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin menjelaskan kepedulian kita sebagai warga masyarakat sangat dibutuhkan terhadap pencegahan terorisme dan radikalisme yang dapat menekan aksi-aksi teror yang sangat merugikan masyarakat dan negara.

“Saya mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam pencegahan gerakan radikalisme, hal ini dapat kita mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga, RT/RW dan lingkungan di atasnya,” tutupnya.