JAKARTA – Delegasi Indonesia masuk peringkat tiga besar SEA Games Vietnam 2021. Indonesia berada di peringkat ketiga dengan total medali 242, terdiri dari 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu.

Baca Juga : Akademisi IPB: Sejak 2019 Indonesia Tak Impor Jagung Pakan

Peringkat pertama masih menjadi milik tim tuan rumah dengan perolehan 439 medali yang terdiri dari 206 emas, 123 perak, dan 111 perunggu. Sedangkan peringkat kedua milik Thailand dengan perolehan 326 medali, terdiri dari 92 emas, 101 perak dan 134 perunggu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyampaikan, keberhasilan Indonesia masuk tiga besar SEA Games kali ini merupakan berkat kerja keras seluruh pihak, khususnya para atlet. Ini juga sebagai bukti bahwa, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) telag berjalan pada jalur yang benar.

“Dibandingkan SEA Games Filipina sebelumnya, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina sekitar 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi alhamdulilah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar,” ujarnya, Senin (23/05/2022).

Selain mengucapkan syukur atas pencapaian tersebut, Menpora juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terkait, mulai dari atlet, Chef de Mission, Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), hingga Duta Besar RI untuk Vietnam.

Selain itu, kata Zainuddin, ke depan pemerintah akan menggunakan cara dan sistem yang sama untuk pemberangkatan atlet di ajang olahraga internasional, bahkan lebih ketat lagi. Pada tahun 2023, akan ada Asian Games dan SEA Games Kamboja.

“Hasil ini menurut saya belum berhasil, karena tantangan kita ke depan jauh lebih berat. Target utama kita adalah Olimpiade, untuk menuju ke sana kita harus mulai dari sekarang perubahan paradigma olahraga Indonesia,” ujarnya, dilansir kontan.co.id.

Menpora meyakini jika perubahan paradigma baru dalam olahraga seca konsisten diterapkan, Indonesia akan masuk dalam lima besar dunia untuk olimpiade 2044 menuju Indonesia Emas 2045.

“Saya yakin kita bisa menembus lima besar dunia, jika kita konsisten dengan perubahan paradigma baru olahraga,” pungkasnya.

SEA Games XXXI Vietnam 2021 resmi dimulai setelah upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Mỹ Đình, Hanoi, pada Kamis  12 Mei 2022 waktu setempat. Ajang olahraga Asia Tenggara ini mempertemukan 11 negara di kawasan ASEAN, yaitu Indonesia, Vietnam, Laos, Thailand, Singapura, Malaysia, Kamboja, Filipina, Timor Leste, Brunei Darussalam, dan Myanmar.

SEA Games 2021 Vietnam mempertandingkan 40 cabang olahraga dengan total 523 nomor pertandingan. Indonesia mengirimkan total 776 delegations yang terdiri dari 499 atlas, 214 official, dan 63 Asisten. Tim Indonesia telah memaikan 318 pertandingan dalam 32 cabana olahraga.