JAKARTA – Elpi Nazmuzaman, kerabat dekat Ridwan Kamil menceritakan kronologis hilangnya putra Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, yang hanyut terbawa arus Sungai Aare, di Swiss, pada Rabu (26/5/2022) waktu Swiss.

Baca juga: Anak Ridwan Kamil Hilang, Dubes RI di Swiss Gambarkan Situasi Sungai Aare

Hingga kini, polisi dan petugas SAR serta pihak berwenang Swiss masih melakukan pencarian terhadap Eril yang sudah berlangsung selama 6 jam. Namun pencarian dihentikan sementara karena langit mulai gelap dan akan dilanjutkan esok paginya.

Dalam keterangan tertulisnya Elpi menceritakan, Eril terseret arus sungai Aare yang cukup deras saat ingin naik permukaan usai berenang, pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca yang cerah.

Ia menerangkan, saat itu keluarga berada di Swiss untuk mencari sekolah bagi Eril yang akan melanjutkan studi S2nya, sedangkan Ridwan Kamil berada di Inggris.

“Saat kejadian, Pak Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemrov Jawa Barat,” jelasnya, dilansir dari CNNIndonesia.com Jumat (27/5/2022).

Menurutnya, Ridwan Kamil bergegas menyusul ke Swiss selepas mendapatkan kabar musibah tersebut menemui keluarga di sana. Ia berharap, Eril dapat segera berkumpul bersama keluarga dalam keadaan sehat.

“Kami mohon doa agar Eril dapat segera dietemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersasma keluarga dalam keadaan sehat wal afiat,” harapnya.

Duta besar RI untuk Swiss, Muliaman D Haddad mengatakan, saat ini pihak kepolisisan dan SAR setempat masih dalam pencarian. Ia menjelaskan bahwa istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya juga ikut berenang saat insiden itu terjadi. Namun Atalia dan rombongan lainnya selamat dari arus.

Baca juga: Andi Utta Tinjau Langsung Korban Tenggelam di Sungai Bialo