MAKASSAR – Shopee bersama Pemerintah Sulawesi Selatan bersinergi dalam menghadirkan kampus UMKM Shopee Makassar dengan menawarkan sejumlah fasilitas serta layanan yang dapat digunakan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta orang-orang yang ingin menggeluti dunia bisnis.

Baca Juga : BPW KKSS Sultra Berbagi Takjil di Depan Kampus UHO

Kampus UMKM Shopee Makassar yang terletak di Jl. A. P. Pettarani No. 49, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, diresmikan sejak 18 Mei 2022 kemarin. Kampus tersebut bertujuan untuk mempercepat pengembangan bisnis UMKM serta meningkatkan distribusi perekonomian daerah Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar melalui pembelajaran digitalisasi, serta fokus pada pengembangan keterampilan bisnis digital.

Salah satu pengusaha kuliner kecil-kecilan di Gowa, Hermina turut senang dengan hadirnya kampus UMKM Shopee Makassar, menurutnya hadirnya kampus tersebut sangat membantu orang-orang yang masih minim keterampilan mengenai dunia bisnis khususnya bisnis digital.

“Yang pastinya kampus UMKM Shopee bisa membantu orang-orang yang ingin terjun dan menggeluti dunia bisnis digital, apalagi pelaku usaha yang ingin memperluas jaringan usahanya,” ujarnya saat ditemui secara langsung, Selasa (25/5/2022).

Wanita yang akrab disapa Mina tersebut juga berencana ingin belajar di kampus tersebut mengenai cara bisnis melalui digitalisai serta ingin belajar cara memperluas jangkauan produk ke seluruh Indonesia.

“Nantinya saya juga ingin belajar mengenai bisnis digitalisasi di sana dan ingin belajar banyak agar produk makanan saya bisa dikenal luas khususnya daerah Makassar dan Gowa,” ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Mahasiswa semester enam yang juga merupakan pengusaha masker, Nur Azizah berpendapat, kampus tersebut bisa menjadi opsi yang tepat untuk mepelajari dunia UMKM, Ia berharap semoga kampus tersebut bisa tetap bertahan di tengah banyaknya kampus-kampus yang juga menyediakan pembelajaran mengenai bisnis.

“Semoga bisa bertahan di tengah banyaknya kampus-kampus lain, dan juga dapat melahirkan generasi-generasi unggul dalam segi UMKM,” jelasnya saat wawancara via seluler, Rabu (26/5/2022).

Selain menawarkan fasilitas serta layanan, sejumlah UMKM dari berbagai daerah juga telah berhasil naik kelas bersama kampus tersebut.

“Puluhan ribu UMKM di berbagai daerah telah berhasil naik kelas bersama Kampus UMKM Shopee,” ujar Ade Mulya, selaku Head of Goverment Affairs Shopee Indonesia.