Literasi Jadi Tantangan Klasik Industri Asuransi Jiwa

  • Bagikan
Literasi Jadi Tantangan Klasik Industri Asuransi Jiwa | Rakyatdotnews

Rakyatdotnews, Makassar – Forum Jurnalis Ekonomi Sulsel menggelar diskusi virtual perihal urgensi literasi dalam meningkatkan pemanfaatan produk asuransi jiwa oleh konsumen di masa pandemi, Kamis (10/06/2021).

Menurut Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulampua, Bondan Kusuma, literasi menjadi persoalan klasik yang menjadi tantangan bersama untuk lebih meningkatkan inklusi asuransi pada saat ini.

Padahal, lanjut dia, asuransi jiwa bisa memberikan keuntungan dan proteksi finansial bagi pemegang polis, terkhusus bagi keluarga nasabah itu sendiri.

“Persoalan literasi ini memang masih menjadi tantangan klasik bagi kita semua, padahal manfaat asuransi ini seyogyanya sebagai proteksi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan dan daya beli masyarakat,” tuturnya.

Pada sisi lain, pemanfaatan produk asuransi jiwa juga sangat terpengaruh oleh dampak pandemi yang tergambar dari kinerja industri yang terkoreksi pada beberapa indikator.

Hal itu tercermin pada tahun lalu, di mana industri asuransi jiwa mencatatkan perlambatan kinerja akibat tekanan ekonomi selama pandemi Covid-19.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *