JAKARTA – Pendaftaran Program Kartu Prakerja ke-31 resmi dibuka pada Sabtu (28/5/2022) sehari setelah penerima gelombag kategori ke-30 diumumkan.

Baca Juga : Rudianto Lallo: Milad ke-35 SMAN 6 Makassar Bakal Dihadiri 2000 Alumni

Informasi tersebut diumumkan melalui akun Instagram @prakerja.go.id.

“Yuk yuk yuk langsung klik ”Gabung Gelombang” di dashboard kamu! Buat yang belum beruntung gas langsung daftar! Share infonya ke IG & FB kamu ya supaya lebih banya yang bisa #SiapDariSekarang!,” tulisnya.

Bagi calon peserta yang belum lolos proses pendaftaran gelombang sebelumnya, bisa mencoba cara berikut untuk lulus kartu prakerja gelombang 31.

1. Pastikan peserta memenuhi persyaratan

Diluncurkan di situs resmi www.prakerja.go.id, program ini terbuka untuk semua warga negara Indonesia (minimal berusia 18 tahun) yang tidak sedang menempuh pendidikan formal (WNI).

Namun, saat ini mereka sedang bekerja sebagai pejabat negara, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, aparat desa dan kepala desa, direksi, komisaris, dewan pengawas BUMN atau BUMD, tidak diperbolehkan untuk berpartisipasi.

Selain itu, calon peserta tidak terdaftar sebagai penerima bantuan pemerintah, seperti Bantuan Sosial Kementerian Sosial (DTKS), Bantuan Subsidi Upah (BSU), Bantuan Produktivitas Usaha Mikro (BPUM) atau penerima Kartu pra-kerja gelombang sebelumnya.

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah hanya ada dua anggota keluarga yang memiliki kartu prakerja dalam satu kartu keluarga (KK).

2. Gunakan email dan nomor ponsel aktif untuk mendaftar

Pastikan email dan nomor ponsel yang digunakan untuk mendaftar masih aktif. Ini karena verifikasi akun dan informasi lainnya dikirimkan melalui email dan SMS. Oleh karena itu, peserta tidak boleh ketinggalan informasi karena email atau nomor ponsel yang digunakan sudah tidak aktif lagi.