SOROWAKO – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) yang terus menggalakkan misinya untuk menjadi perusahaan sumber daya alam nomor satu di Indonesia, menggunakan standar global dalam menciptakan nilai jangka panjang melalui keunggulan kinerja dan kepedulian terhadap manusia dan alam terus dijalankannya hingga saat ini.

Salah satunya dengan menjaga keberlangsungan kebutuhan bibit tanaman yang dapat menopang keberlanjutan melalui nursery atau fasilitas pembibitan pohon yang dimiliki oleh PT Vale.

Nursery seluas 2.5 hekatare menyiapkan 700 ribu bibit tanaman per tahun untuk mereklamasi lahan pasca pengolahan tambang di Blok Sorowako.

Nursery PT Vale yang juga menjadi destinasi wisata favorit oleh masyarakat yang berkunjung ke Sorowako, Luwu Timur (Lutim).

Komitmen PT Vale senantiasa menjaga lingkungan tidak saja melalui nursery yang dimiliki, tapi juga mampu menjaga ekosistem di Danau Matano mendapat apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), Noegroho Wahyu Widodo.

Noegroho Wahyu Widodo mengaku kagum dengan sistem pengelolaan lingkungan yang dilakukan PT Vale selama berpuluh tahun.

Bagi dia, mengunjungi PT Vale merupakan pertama kalinya dan langsung memberikan kesan yang begitu sangat baik. Apalagi, PT Vale dianggapnya sangat memegang teguh visi dan misi untuk sustainability (keberlanjutan).

“Saya sangat bersyukur ada PT Vale yang sangat konsisten memasukkan program sustainability dalam visi dan misinya, termasuk dalam nilai-nilai PT Vale. Tentu ini sangat bagus semangat keberlanjutan tidak saja diterapkan pada di jiwa seluruh karyawan PT Vale, tapi juga disebarkan ke penduduk sekitar dan pada semuanya. Sehingga, sustainability lingkungan itu menjadi perhatian bersama. Karena kita mendapat titipan dari anak cucu untuk kita rawat untuk mereka kelak,” ujarnya usai melakukan penanaman pohon di area Nursery PT Vale, Selasa (31/05/2022).