JAKARTA – Mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi era Presiden Gus Dur, yakni Muhammad A.S. Hikam sebut sejumlah Universitas ternama di Indonesia menjadi target utama pengembangan ide radikalisme.

 

Baca Juga : Simposium Nasional IX Kelautan dan Perikanan, Andi Utta Akan Jadi Pembicara

 

Ia mengatakan, Universitas seperti ITB, IPB, UI, UGM, ITS, dan lain-lain merupakan kampus yang disebut akan menjadi tujuan dan akan menjadi tempat untuk membibit radikalisme.

“Universitas yang sangat terkenal di negara Indonesia, seperti ITB, IPB, UI, UGM, ITS, dan lain-lain itu adalah target utama dari pengembangan dari ide-ide radikalisme tadi itu,” kata Hikam dilansir dari CNN Indonesia.

Hikam mengungkapkan bahwa mahasiswa merupakan target paling penting bagi gerakan kelompok radikal. Tak lain karena jumlahnya yang besar serta bisa menyuarakan aspirasinya ke ranah publik.

Menurut dia, mahasiswa tidak hanya menjadi target penyebaran paham, tetapi juga disiapkan untuk dijadikan aktor utama gerakan radikal.

Tambahnya, Pola perekrutan dapat dilakukan secara lembut maupun keras sehingga kelompok radikal tahu bagaimana bisa mendapat perhatian di hati mahasiswa.

“Mahasiswa bisa jadi target pengembangan ideologi dan target pelaku di dalam kegiatan-kegiatan…yang suka kita sebut sebagai terorisme,” tuturnya.