SOPPENG- Menerima Rombangan dari Tim Perhimpunan Wija Raja Bone dan Datu Soppeng Lapatau Matanna Tikka, Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak menyatakan akan mensuport utuh kegiatan Festival Budaya yang akan digelar pada awal tahun 2023.

Baca juga: Tim Super Peduli Supriansa Beri Bantuan Korban Kebakaran Warga Atakka Soppeng

Hajatan besar dalam bentuk budaya ini akan dikemas dalam beberapa kegiatan, mulai dari pesta rakyat tradisional hingga seminar internasional.

Pung Dulli sapaan, Andi kaswadi saat menerima secara resmi rombongan dari Tim Perhimpunan Wija Raja yang di koordinir, Andi Sapri Pamulu, Minggu (5/6/2022)

Pertemuan khusus yang dibalut suasana kekeluargaan itu, dihadiri oleh cucu langsung Raja Bone, Andi Bau Usdi dan Andi baso Hamid. Turut pula, andi Promal pawi, andi dahrul, andi ahmar sejumlah pengurus perwira dan sejumlah kerabat panitia Soppeng.

Bupati Soppeng antusias menyambut Festival Budaya yang digagas Tim Wija La Patau pada tahun 2023 memdatang. Dalam sambutannya, Bupati yg tampil dengan santai mengarisbawahi hal-penting untuk diberi perhatian pada acara nantinya baik dalam seminar, maupun Festival budaya.

“Pada sesi seminar diharap memberikan perhatian mengangkat dan meluruskan sejarah lokal terutama tentang tokoh Arung Palakka yang terlanjur dicap negatif. Selain itu perluh mengangkat ketokohan La Patau, narasi prasejarah lembah Walennae, dan mengangkat keluatan budaya lokal yang unik untuk menjadi pendukung kebudayaan Nasional,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dapat menjadi moment untuk mengangkat kembali budaya khas dan unik dari soppeng seperti kuliner dan cara mengolahya, permainan rakyat dan cara memainkannya, serta pertunjukan kesenian.

“Acara ini musti dilakukan dengan kesan dan hasil monumental, tidak sekadar biasa-biasa saja. Semua kekuatan dan apa yang kita miliki harus dikeluarkan semua,” pungkasnya.

Baca juga: Dukung Pembinaan Keagamaan, Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Al-Quran di Soppeng